Sebanyak 108 taruna tingkat III AAU mengikuti acara sosialisasi HukumHumaniter Internasional, Hukum HAM dan Hukum Udara yang diberikan oleh diskumaudan ICRC (InternationalCommittee of The Red Cross), selama dua hari daritanggal 28 sd 29 november 2018 di vip room II Mako AAU.

Pada acara penutupan sosialisasi (29/11) Gubernur AAU dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wagub AAU Marsma TNI Fahri Adamy, S.E. menyampaikan bahwa pemahaman tentang Hukum Humaniter, HAM dan Hukum Udara merupakan suatu keharusan bagi seluruh perwira TNI AU. Oleh sebab itu, diharapkan pelaksanaan sosialisasi hukum dapat bermanfaat bagi para Taruna sebagai calon Perwira TNI AU dalam upaya untuk menambah wawasan tentang Hukum Humaniter, HAM dan Hukum Udara, baik yang berlaku di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Salah satu tolok ukur profesionalisme dan soliditas seorang Perwira TNI Angkatan Udara dalam melaksanakan tugas adalah apabila sudah dapat menjadikan dirinya sebagai prajurit profesional yang terlatih dan memahami tugas pokoknya serta memahami aspek hukum yang melingkupinya sehingga senantiasa mampu menjawab dan melaksanakan tugas sesuai tantangan    di masa mendatang.

Dalam Kegiatan Ceramah Sosialisasi Hukum tersebut para Taruna AAU telahmenerima beberapa materi antara lain Hukum Hak Asasi Manusia dari KadiskumauMarsma TNI S. Damanik, S.H., M.H, Pengantar Hukum Humaniter Perlindungan PendudukSipil dan Hors De Combat oleh BrigjenTNI (Purn) Natsri Ansari, SH., LL.M. dari ICRC, Peran dan fungsi ICRC oleh Dinihari Puspita dari ICRC, Hukum Udara dan Hukum Perang di Udaraoleh Kolonel Pnb Dr. Supri Abu., MH. dari Diskumau serta materi tentangTanggung jawab Komando dan dilanjutkan dengan Studi Kasus.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *