Perwira siswa (pasis) Sekkau angkatan 105 melaksanakan orientasi ke Akademi Angkatan Udara.  Dalam kegiatan orientasi yang dipimpin oleh Komandan Sekkau, para perwira siswa  mendapatkan pembekalan dari Gubernur AAU Marsda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M. yang bertempat di vip room II Mako AAU, Jumat (11/1).

Dalam pembekalannya Gubernur AAU menyampaikan terkait dengan kepemimpinan  yang harus para pasis cermati, resapi dan dapat dijadikan pedoman agar nantinya para pasis dapat menjadi seorang pemimpin yang berkualitas, berintegritas serta berkarakter. 

Untuk menjadi pemimpin yang baik membutuhkan proses yang panjang, tidak hanya dengan bakat memimpin saja, namun juga harus diisi dengan pendidikan yang memadai serta pengalaman dalam hidup sehingga dapat memunculkan pemimpin yang baik, pendidikan di sekkau merupakan salah satu upaya untuk mengasah dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan, terang Gubernur AAU dalam pembekalnnya.

Selanjutnya Gubernur AAU menyampaikan tentang 10 faktor yang dapat menjatuhkan kepemimpinan yang disadur dari the pitfalls of leaders (Henry Blakaby) antara lain pertama kesombongan, tidak mau mendengar dan tidak mau belajar, kedua asusila, ketiga sinisme, keempat keserakahan, kelima kemalasan mental/intelektual, keenam over sensitivitas, ketujuh kegersangan spiritualitas, kedelapan mengabaikan keluarga, kesembilan kecerobohan administrative dan yang terakhir kelamaan dalam jabatan/posisi.

“Untuk membangun pengaruh seorang pemimpin, ada bebarapa hal yang harus kalian miliki antara lain jujur, keteladanan, bertindak dengan sikap bersahabat dan sportif, menunjukkan kepedulian terhadap bawahan, memperhatikan kesejahteraan bawahan, menunjukkan kepercayaan dan percaya diri, perlakukan bawahan dengan hormat serta dapat mengendalikan nafsu atau amarah”, pesan Gubernur AAU.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *