Gubernur AAU dan Prof. Dr. Sanu Kainikara memasuki Gedung Sabang Merauke AAU.

Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M., menyambut kedatangan Prof. Dr. Sanu Kainikara dari Australia dalam rangka pemberian ceramah tentang strategi penggunaan kekuatan udara kepada para Taruna Akademi Angkatan Udara bertempat di Gedung Sabang Merauke, Kamis (2/5).

Prof. Dr. Sanu Kainikara adalah ahli strategi penggunaan kekuatan udara di Air Power Development Centre, Royal Australian Air Force. Beliau juga merupakan dosen kehormatan di University of New Suoth Wales yang banyak sekali hasil karyanya di antaranya jurnal yang berjudul National Security Military Strategy and Air Power dan jurnal profesional lainnya.

Dalam sambutannya Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M., menyampaikan bahwa di dalam lingkup global saat ini, penyelesaian konflik bersenjata, teror, intimidasi dan instabilitas cenderung menggunakan Air Power untuk menghadapi ancaman dinamis dan membahayakan. TNI Angkatan Udara memiliki kemampuan yang unik di segala aspek yang di butuhkan sebagai unsur Deterrence atau bahkan penghancur kekuatan musuh.

Isu-isu yang terjadi di kawasan Asean yang sebagian besar di sebabkan oleh konflik perbatasan kaitannya dengan peningkatan kemampuan militer di tiongkok yang di gunakan untuk mengklaim wilayah di laut cina selatan yang menyebabkan ketidakstabilan perdamaian di kawasan Asean. Hal tersebut memicu negara- negara Asean untuk saling meningkatkan kekuatan udaranya dengan peningkatan kekuatan alutsistanya.Singkatnya Air Power yang kuat menjadi dambaan semua negara untuk menghadapi isu dan trend tersebut.

Beliau berharap penjelasan mengenai isu dan tren penggunan air power Yang terjadi di kawasa regional maupun internasional sebagai tambahan wawasan pengetahuan tentang Air Power dan sebagai bekal dalam melaksanakan tugas kedinasan di TNI Angkatan Udara.

Sementara Prof. Dr. Sanu Kainikara yang di dampingi Wing comander Jim Svede pada inti ceramahnya kepada 419 Taruna dan seluruh civitas akademika AAU menjelaskan tentang Konsep dan teori perkembangan air power Internasional yang diambil dari sejarah masa lalu untuk di kembangkan dalam perang modern saat ini.

Foto bersama seusai pelaksanaan ceramah.

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *