Peringatan Nuzulul Qur’an tahun ini mengambil tema “Melalui peringatan Nuzulul Qur’an Tahun 1440 H/ 2019 , kita tingkatkan iman dan taqwa Prajurit dan PNS TNI AU dalam rangka mendukung Tugas pokok TNI” yang di ikuti oleh seluruh civitas Akademika AAU termasuk Taruna dan Ketua PIA CBS AAU beserta pengurus, bertempat di Masjid An-Nur  AAU, Rabu (22/5).

Tema tersebut tepat diterapkan saat ini mengingat situasi dan kondisi pasca pilpres, setiap prajurit membutuhkan kekuatan fisik dan mental yang prima serta kesabaran yang tinggi dalam menghadapi setiap tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks.

Peringatan Nuzulul Qur’an sebagai salah satu upaya pembinaan mental prajurit dan PNS serta para Taruna AAU dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta kualitas  yang sangat dibutuhkan bagi lembaga seperti AAU ini.

Sebagai lembaga pendidikan yang mempunyai tugas pokok mencetak  perwira-perwira TNI AU di masa depan harus senantiasa mendekatkan diri kepada sang pencipta, melalui penghayatan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Qur’an untuk diimplementasikan dalam tugas pengabdian dan dalam kehidupan sehari –hari.

Kitab suci Al Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam yang mengandung nilai-nilai keimanan , syariah, akhlak serta aturan tata kehidupan manusia agar terhindar dari hal-hal yang menjerumuskan kehidupan manusia, dengan pedoman Al Qur’an tersebut harapannya manusia mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.   

Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M dalam sambutannya menyampaikan “Peringatan Nuzulul Qur’an dapat kita jadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas iman dan taqwa khususnya umat muslim yang bertugas di lingkungan Akademi Angkatan Udara termasuk para Taruna sehingga mampu memberikan contoh yang positip baik di lingkungan keluarga, kedinasan maupun masyarakat,” paparnya.

“Sebagai prajurit dan PNS kita harus mampu menjadi teladan bagi masyarakat, tentunya melalui akhlakul karimah dan sikap keseharian yang menyatu tanpa sekat dengan masyarakat, semua itu akan menjadi landasan yang kuat guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta penyelesaian tugas pokok TNI,” pungkasnya. Bertindak sebagai penceramah dalam kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an tersebut adalah Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. Pada akhir ceramahnya beliau menyampaikan kunci atau syarat apabila cita-cita ingin tercapai yaitu dengan solat Hajat dua rakaat dengan membaca ayat kursi sembilan kali setelah membaca Al Fatihah dilanjutkan membaca surat Al Qadar sebanyak sembilan kali ditambah Al Ikhlas, Al Falaq dan Al Annas setelah Al Fatihah di rakaat kedua. Selain itu juga beliau berpesan kepada para Taruna agar hal tersebut dilaksanakan paling tidak satu kali di dalam satu hari. Selanjutnya Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. memimpin membacakan doa sebagai penutup dari kegiatan memperingati Nuzulul Qur’an di Akademi Angkatan Udara.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *