Mantan Panglima TNI Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto, S.IP. memberikan pembekalan tentang “Pemimpin Di Era Milenial” kepada Taruna AAU Tingkat IV, Selasa (28/5)  bertempat di VIP Room II Akademi Angkatan Udara. Pembekalan tersebut sangat penting bagi para Taruna Tingkat IV mengingat dalam waktu dekat akan segera mengaplikasikan ilmunya yang di peroleh dari lembaga pendidikan pada kedinasannya,  Para Taruna diharapkan dapat menjadi sosok  pemimpin yang berkualitas dan berkarakter kuat, serta visioner di era milenial.

Sebagai senior dan sesepuh di TNI AU, Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto, S.IP. sangat antusias dan peduli dengan para Taruna calon pengawal dirgantara, oleh karenanya upaya yang di tempuh dalam rangka peningkatan kemampuan para Taruna di bekalinya dengan strategi keilmuan yang berkaitan dengan penugasan para Taruna kelak khususnya dalam hal strategi kepemimpinan di era milenial.

Kedatangan Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto, S.IP. disambut Gubernur AAU Marsekal Muda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M., Wakil Gubernur AAU Marsekal Pertama TNI Fachri Adamy, S.E. beserta para pejabat AAU dan langsung menuju VIP Room II, dimana 99 orang Taruna Tingkat IV sudah menunggu.

Diawali dengan ucapan selamat datang, Gubernur AAU juga membacakan curiculum vitae Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto, S.IP. untuk diketahui para Taruna Tingkat IV. Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto, S.IP. mengawali karier militernya di TNI AU pada tahun 1973. Berbagai tanda jasa kehormatan berhasil beliau raih, dan pernah mengemban beberapa jabatan penting dan strategis di TNI, puncak kariernya pada tahun 2007 beliau menjabat sebagai Panglima TNI. Selepas dari TNI beliau tidak berhenti di situ saja, pada tahun 2009 Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto, S.IP. mendapat kepercayaan dan amanah sebagai Menkopolhukam, berlanjut dengan tugas-tugas kenegaraan lainnya.

Gubernur AAU Marsekal Muda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M. dalam sambutannya menekankan kepada para Taruna untuk menyimak ceramah kepemimpinan yang disampaikan dengan sebaik-baiknya,”Jadikanlah sebagai pedoman untuk diaplikasikan dalam penugasan sebagai perwira TNI Angkatan Udara nantinya.”

Dengan mengambil tema “Kepemimpinan yang berkualitas dan berkarakter kuat, serta visioner di era milenial” Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto, S.IP. memberikan tiga kata kunci untuk sukses sebagai pemimpin di era milenial yaitu kualitas, karakter dan milenial. Kualitas kepemimpinan tertinggi adalah integritas. Integritas ditopang satu kata dan perbuatan antara kejujuran, komitmen dan konsisten. Selain itu seorang pemimpin perlu memiliki percaya diri, memiliki keyakinan akan keputusan yang diambil, sehingga organisasi dan anggota bersimpati dan percaya. Seorang pemimpin harus memiliki karakter bertanggung jawab, bertanggung jawab atas apa yang dilakukan dan dikatakan, bahkan termasuk jika itu terjadi di masa-masa penuh tekanan. Tanggung jawab utama pasti berada di pundak komandan, pimpinan organisasi dalam hal tugas kolektif. Walaupun setiap anggota juga memiliki tanggung jawab yang terbatas dibidangnya masing-masing.

Lebih lanjut Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto, S.IP. mengatakan, ”Seorang pemimpin harus kreatif dan inovatif. Inovasi akan membedakan antara seorang pemimpin dan seorang pengikut. Dunia berubah dengan cepat jika seorang pemimpin kreatif dan inovatif. Selain itu organisasi pun akan lebih maju. Pemimpin masa depan harus dipersiapkan dari sekarang, berusahalah untuk menjadi seorang perwira dan pemimpin yang bernilai.”

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur AAU Marsma TNI Fachri Adamy, S.E. beserta para pejabat AAU. Selesai acara dilanjutkan dengan foto bersama Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto, S.IP., Gubernur AAU, Wakil Gubernur AAU, para pejabat AAU dan para Taruna AAU Tingkat IV. Sehari sebelum kegiatan ceramah di AAU (27/5), Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto, S.IP. beserta Ibu menyempatkan buka puasa bersama dengan Gubernur AAU Marsda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M. beserta Ibu, Wakil Gubernur AAU Marsma TNI Fachri Adamy, S.E. beserta Ibu, dan para pejabat list “A” AAU beserta Istri.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *