Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M. memberikan pembekalan kepada Taruna Tingkat IV Akademi Angkatan Udara, Rabu (29/5) bertempat di VIP Room II AAU. Pembekalan yang merupakan bagian dari rangkaian penutupan pendidikan tersebut dimaksudkan agar para Taruna kelak dapat melaksanakan tugas kedinasan dengan baik dan profesional sesuai dengan bidangnya di kesatuan masing-masing.

Pada pembekalan yang di hadiri seluruh civitas akademika AAU dan Ketua PIA Ardhya Garini CBS AAU serta pengurusnya ini menerima beberapa penekanan dari Gubernur AAU di antaranya: kuasai dan kembangkan ilmu kepemimpinan, pegang teguh nilai-nilai kejuangan, pahami dan aplikasikan etika dengan baik, tumbuh kembangkan kebanggaan, jadilah perwira yang bertanggungjawab dan mampu menjaga nama baik almamater. 

Dalam sambutannya Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M. menyampaikan “Sebentar lagi kalian akan melewati satu tahap dalam pendidikan kalian, yaitu penutupan pendidikan yang merupakan bagian akhir dari program pendidikan, pengajaran, pelatihan dan pengasuhan yang telah di tata secara sistematis, bertahap dan berlanjut dalam kurun waktu yang sangat mengikat hingga di penghujung waktu untuk mengakhirinya”.

Pada kesempatan tersebut Gubernur juga berpesan, ”Semakin dekat akhir perjalanan pendidikan, tentunya banyak hal yang akan kalian alami tentang bagaimana dinamika kehidupan saat memasuki masa tugas kelak, oleh karenanya beberapa hal yang harus kalian cermati, resapi dan pedomani agar setelah lulus dari lembaga ini kalian dapat menjadi seorang pemimpin yang berkualitas, berintegrasi serta berkarakter, antara lain : leadership(menguasai kepemimpinan), sikap dan nilai kejuangan, memahami dan mengamalkan etika, membanggakan, bersikap jujur, tanggungjawab,” pesannya.

“Jaga nama baik almamater, selalu menunjukkan etika, profesionalisme, prestasi dan etos kerja dimanapun kalian bertugas, sehingga segenap civitas akademika AAU akan merasa bangga karena telah mengantarkan kalian menjadi perwira yang baik, para yunior kalianpun akan meneladani sifat-sifat positif kakaknya, tunjukkan bahwa kalian benar-benar putra bangsa pilihan yang memang pantas memperoleh kehormatan untuk menyongsong tugas-tugas mulia demi kejayaan Negara dan Bangsa , tingkatkan terus kekompakan kalian baik terhadap rekan seangkatan AAU, Akmil, AAL, Akpol maupun IPDN karena hal tersebut sangat bermanfaat dalam mendukung karier kalian,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama Ibu Asuh Taruna Ny. Irene Tatang Harlyansyah dalam pembekalannya juga menyampaikan perkenalan peran dari para pengurus PIA Ardhya Garini CBS AAU yang telah banyak mendukung Taruna selama proses pendidikan di AAU . Beliau juga memberikan pengarahan kepada Taruna dan Taruni bila kelak membina rumah tangga. Beberapa hal yang perlu di perhatikan antara lain: pertama, istri prajurit harus mampu mengelola manajemen rumahtangga dengan baik, mendidik anak-anak agar berhasil. Kedua, beri dorongan dan semangat pada istri untuk meningkatkan kemampuan penguasaan iptek dan ketrampilan. Ketiga, istri prajurit harus mampu merawat, mengasuh, mendidik anak-anak dengan penuh kasih sayang dan tanggungjawab, jalin komunikasi yang baik dengan istri, pahami watak dan kepribadian istri agar timbul saling pengertian dan Keempat, kalian wajib bergaul dengan masyarakat sekitar tempat tinggal, tidak eksklusif dan jadi panutan bagi anak buah juga peduli terhadap kondisi lingkungan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *