Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., hari Kamis (20/6) memimpin Upacara Penutupan Pendidikan (Tupdik) sekaligus Wisuda Sarjana lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 2019, bertempat di Gedung Sabang Merauke (GSM) Kampus AAU, Yogyakarta. Kedatangan Kasau dan rombongan ke AAU disambut langsung oleh Gubernur AAU Marsda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M. dan para pejabat AAU.

Tahun ini AAU meluluskan sebanyak 99 sarjana bergelar Sarjana Terapan  Pertahanan / S. Tr. (Han) dari tiga program studi (prodi), masing-masing program studi Aeronautika, Elektronika, dan Teknik Manajemen Industri. Selanjutkan pada tanggal 16 Juli 2019 yang akan datang, para Taruna Tingkat IV ini akan dilantik dan disumpah menjadi Perwira Remaja (Paja) TNI bersama lulusan Akmil, AAL, dan Akpol oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dalam Upacara Prasetya Perwira (Praspa) di Istana Merdeka Jakarta.

Sebagai lembaga pendidikan perwira yang menyiapkan para Perwira TNI Angkatan Udara, AAU selau berpegang pada falsafah pendidikan “Dwi Warna Purwa Cendekia Wusana” yang berarti mengutamakan pembentukan kepribadian dengan jiwa dan kejuangan yang tinggi, dilengkapi dengan kemampuan profesi yang mantap sebagai kebulatan. Akademi Angkatan Udara diarahkan untuk mencetak perwira yang memiliki sifat-sifat “Tri Sakti Viratama” yang merupakan integrasi ketiga sifat prajurit utama yaitu Tanggap, Tanggon, dan Trengginas.

Terpilih sebagai lulusan terbaik AAU 2019 adalah Sermatutar Muhammad Ihza Nurrabbani dari Jurusan Teknik Aeronautika. Muhammad Ihza Nurrabbani lahir di Sleman tanggal 26 Agustus 1996, putra pasangan Bapak Drs. Sukijo  dan Ibu Orbantari Dwi S. Kedua orang tua peraih Adhimakayasa ini berprofesi sebagai guru. Ini tentu sangat membanggakan kedua orang tuanya ketika anaknya berhasil meraih prestasi tertinggi di AAU. Prestasi Sermatutar Muhammad Ihza Nurrabbani selain sebagai peraih Adhimakayasa juga mendapat predikat Cum Laude dan peraih Trophy Gubernur AAU. Dengan segudang prestasinya itu, alumni SMA Taruna Nusantara Tahun 2015 ini berhak untuk mewakili teman-temannya mendapat ucapan selamat langsung dari Presiden RI Bapak Ir. H. Joko Widodo pada saat Upacara Prasetya Perwira di Istana Negara.

Penghargaan diberikan juga kepada Taruna yang lulus dengan kategori penerima Trophy Gubernur AAU yaitu Sermatutar Muhammad Ihza Nurrabbani, Sermatutar Irfan Joko Prasetyo dan Sermatutar Bayu Agam Suryadi. Untuk yang mendapat predikat Cum laude tahun ini sebanyak 15 orang Taruna. Selain itu diberikan juga predikat Tugas Akhir terbaik di setiap prodinya kepada Sermatutar Elsa Putri Hardiyanti kelas IV AE-1, Sermatutar Irfan Joko Prasetyo kelas IV LEK-2 dan Sermatutar Bayu Agam Suryadi kelas IV TMI-3. Sebelum upacara Tupdik dan Wisuda Sarjana dilaksanakan, Ibu Taruna AAU, Ibu Ayu Yuyu Sutisna berkenan untuk memberikan pembekalan kepada para Taruna Tingkat IV yang akan dilantik. Pembekalan dilaksanakan di VIP Room 2, sementara itu diwaktu yang bersamaan di Ruang Rapat Mako AAU dilaksanakan Laporan Pendidikan oleh Gubernur AAU kepada Kepala Staf Angkatan Udara.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *