Disepanjang kawasan Malioboro tepatnya mulai depan Hotel Grand Inna Malioboro hingga Alun-Alun Utara sejak sore pukul 15.00 wib tampak ramai, ribuan masyarakat antusias menanti berbagai atraksi menarik yang akan ditampilkan oleh para Taruna dan Calon Perwira Remaja (Capaja) Akademi Angkatan Udara, Sabtu (6/7). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pamitan 99 orang Capaja AAU 2019 kepada Gubernur DIY dan seluruh warga Yogyakarta yang akan Capaja tinggalkan, setelah selama kurang lebih empat tahun para Capaja berdomisili untuk menempuh pendidikan di Akademi Angkatan Udara yang tentunya menjadi bagian dari warga Yogyakarta.

Sebanyak 99 orang Capaja AAU 2019 tersebut menurut rencana akan berangkat ke Jakarta pada tanggal 9 Juli 2019 untuk melaksanakan Prasetya Perwira (Praspa) pada tanggal 16 Juli 2019 yang akan di ambil sumpahnya oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo di Istana Negara, selanjutnya mereka akan memulai kariernya dalam tugas pengabdian di TNI Angkatan Udara pada kesatuan masing-masing.

Berbagai atraksi menarik yang di tampilkan oleh para Capaja AAU yang membuat cepretan kamera para penonton tiada hentinya diantaranya display Drumband Gita Dirgantara, grup Band Taruna yang lagu-lagunya membuat penonton terhipnotis ikut menyanyikannya, rampak gendang dan tari- tarian membuat seluruh warga terpesona, terlebih saat Flypass Pesawat JAT melintas di atas kawasan tersebut dengan berbagai formasi, membuat mereka tercengang dan kagum dengan kemampuan para penerbang TNI Angkatan Udara yang begitu trampilnya mengoperasikan alutsista udara, hal tersebut mencerminkan ketangguhan para elang dirgantara.

Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kirab tersebut merupakan wujud pamitan para Capaja AAU 2019 kepada Gubernur DIY Sri Sultan HB X yang telah dilaksanakan sebelumnya dan kepada seluruh warga Yogyakarta setelah para Capaja selesai melaksanakan pendidikan di Akademi Angkatan Udara yang akan segera meninggalkan Yogyakarta untuk dilantik menjadi Perwira di Istana Negara oleh Presiden RI dan akan segera menghadapi tugas kedinasan di TNI Angkatan Udara.

Gubernur Akademi Angkatan Udara juga berharap kepada masyarakat Yogyakarta terutama pemuda-pemudinya yang memenuhi kriteria persyaratan, agar bergabung menjadi prajurit TNI Angkatan Udara mengikuti jejak para elang muda dirgantara.

Kegiatan yang diakhiri dengan foto bersama tersebut dihadiri oleh Gubernur AAU dan Ibu Ketua PIA AG CBS AAU, Wakil Gubernur AAU dan Ibu Wakil Ketua PIA CBS AAU, para pejabat List” A” AAU beserta Istri, pejabat List “B”, seluruh Dosen Gol lV, Pasus, pengasuh Taruna TK lV , para pejabat Pemprop DIY, para pejabat TNI/Polri DIY beserta istri, para Capaja dan Taruna Akademi Angkatan Udara.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *