Taruna Tingkat II Akademi Angkatan Udara melaksanakan gelar kelengkapan bertempat di serambi Handrawina dan menerima pembekalan dari Gubernur AAU Marsda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M., di gedung Sabang Merauke, Rabu (17/7).

Dalam waktu dekat Taruna Tingkat II Werving 2018 tahun 2019 akan melaksanakan latihan terjun payung para dasar atau terjun payung static yang akan dilaksanakan di Lanud Sulaiman Bandung selama satu bulan. Para dasar merupakan salah satu kegiatan kurikuler bagi Taruna Tk. II guna memberikan bekal pengalaman nyata tentang penerjunan dengan menggunakan static parachute. Dilaksanakannya para dasar dalam rangka menyiapkan perwira lulusan Akademi Angkatan Udara agar memiliki kualifikasi sebagai penerjun static sekaligus sebagai upaya untuk menumbuh-kembangkan rasa cinta dirgantara serta meningkatkan motivasi dan kebanggaan sebagai taruna Akademi Angkatan Udara.

Gubernur AAU menyampaikan kepada Taruna Tk. II AAU beberapa pengetahuan yang terkait dengan terjun static ditinjau dari beberapa aspek ilmu pertempuran bahwa para dasar merupakan bagian dari taktik pasukan untuk mencari, mendekati, dan menghancurkan musuh dengan menggunakan mobilitas udara yang tinggi yang mengutamakan faktor kecepatan dan kerahasiaan. Dari aspek pendidikan khususnya di Akademi Angkatan Udara para dasar merupakan latihan wajib yang telah diatur sesuai jadwal kalender pendidikan AAU pada semester ganjil. Latihan ini memiliki tingkat resiko yang relatif tinggi sehingga sangat membutuhkan konsentrasi penuh, tidak ada toleransi terhadap kesalahan sekecil apapun, karena hal tersebut dapat membahayakan keselamatan Taruna.

Beberapa penekanan Gubernur AAU kepada Taruna Tk. II agar mencapai hasil yang optimal antara lain. 1. Menyiapkan mental, fisik dan kewaspadaan karena latihan ini memiliki resiko tinggi, 2. Menerapkan disiplin dalam mengikuti prosedur serta aturan selama berlatih, 3. Menjaga nama baik AAU dengan tetap menjaga disiplin, sikap dan perilaku, baik secara individu maupun kelompok, sehingga citra positif AAU senantiasa dapat terpelihara, 4. Selalu pelihara semangat dan motivasi dalam menjalankan latihan, agar latihan dapat terlaksana dengan sukses dan selamat.

Turut hadir dalam pembekalan para dasar tersebut, para pejabat List A dan para pejabat terkait serta  para pengasuh Taruna Tk. II.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *