Menteri Pertahanan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu memberikan pembekalan kepada para Purnawirawan TNI  yang di pimpin oleh Kasum TNI Letnan Jenderal TNI Joni Supriyono bertempat di Gedung Sabang Merauke Akademi Angkatan Udara, Selasa (30/7). Silaturahmi yang merupakan bagian dari kunjungan kerja Menteri Pertahanan ini dimaksudkan untuk merajut kembali persatuan dan soliditas Purnawirawan TNI paska kontestasi politik terkini.

Dalam pembekalannya, Menteri Pertahanan RI Jendral TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu mengatakan, “Tentara hanya mempunyai kewajiban satu, yaitu mempertahankan kedaulatan negara dan menjaga keselamatannya, jangan mudah tergelincir di saat-saat seperti ini, segala tipu muslihat dan provokasi-provokasi yang tampak atau tersembunyi dapat dilalui dengan selamat, kalau kita waspada dan bertindak sebagai patriot, robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasad ini tetapi jiwaku dilindungi benteng merah putih, akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi”.

Diawali dengan ziarah di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara, Menhan RI bersama sesepuh TNI dan para Purnawirawan TNI untuk mengenang jasa-jasa perjuangan para pahlawan sebagai intropeksi kilas balik generasi penerus selama mengabdi untuk kepada negara kususnya di TNI, agar dapat memberikan estafet perjuangan untuk mengisi kemerdekaan Indonesia, dengan cara menjalin tali silaturahmi antar sesama purnawirawan TNI, akan terwujud rasa kebersamaan untuk mencapai kesepakatan yang menyatu dalam satu tujuan yaitu kejayaan Indonesia di masa mendatang.

Kegiatan pembekalan dimeriahkan pula oleh atraksi Drumband Gita Dirgantara yang tampil dengan gerakan kolaborasi yang sangat memukau dihadapan Menhan RI dan para Purnawirawan TNI adalah bukti nyata selain bidang akademis namun juga kemampuan perorangan yang diajarkan Taruna di lembaga pendidikan Akademi Angkatan Udara ini, sebagai generasi penerus yang dipersiapkan untuk menyongsong tantangan tugas kedepan yang semakin berat.

Suasana yang sangat penuh kekeluargaan dan kebersamaan dalam kegiatan pembekalan Menteri Pertahanan Republik Indonesian tersebut hakekatnya adalah pertahanan negara dalam menghadapi berbagai dinamika potensi ancaman terhadap negara, yang muara akhirnya adalah demi tetap tegaknya kedaulatan negara dan menjaga keselamatan bangsa, serta menjaga keutuhan dan integritas teritorial NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Dengan adanya pengarahan dan silaturahmi antar Purnawirawan TNI akhirnya kita satukan demi kemajuan dan sejahteranya Negara Kesatuan Republik Indonesia.   Turut hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur AAU Marsda TNI Tatang Herlyansyah, S.E.,M.M., Wakil Gubernur AAU Marsma TNI Fachri Adamy, S.E., sesepuh TNI dan para Purnawirawan TNI.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *