Kesiapan Taruna AAU yang akan melaksanakan Latihan Wanatirta di Waduk Sermo dari tanggal 18 September 2019 sampai dengan tanggal 20 September 2019, digelar di gedung Handrawina AAU. Gubernur AAU Marsda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M. melakukan pemeriksaan terhadap kesiapan latihan tersebut, Kamis (12/9).

Berbagai perlengkapan untuk kelancaran Latihan Wanatirta di cek satu per satu oleh Gubernur AAU didampingi Wagub AAU Marsma TNI Fachri Adamy, S.E. beserta para pejabat list A serta seluruh pengasuh Wingtar. Diharapkan dengan adanya gelar kesiapan seperti ini, pelaksanaan latihan pada saatnya akan berjalan lancar dan aman, tanpa ada kendala sedikitpun.

Selesai kegiatan gelar kelengkapan latihan Wanatirta, dilanjutkan dengan pembekalan dari Gubernur AAU kepada Taruna di Gedung Sabang Merauke AAU. Dalam pembekalan kesiapan latihan Wanatirta ini, Gubernur AAU berharap bahwa Taruna sebagai calon perwira dirgantara dituntut harus siap melaksanakan tugas operasi militer perang maupun operasi militer selain perang. Penguasaan praktek lapangan, misalnya survival tempur yang meliputi tindakan apa saja yang harus diambil agar dapat mempertahankan hidup. Pengenalan latihan survival tempur ini diaplikasikan dalam bentuk latihan Wanatirta.

Lebih lanjut Gubernur AAU menjelaskan tentang S.E.R.E. (Survival, Evasion, Resistance, Escape). Kegagalan dari survival adalah karena kurangnya kemauan, kurangnya pengetahuan dan kurangnya perlengkapan. Jika kita tidak mempersiapkan diri terhadap ketiga hal tersebut, maka tindakan kita juga akan serba kekurangan, bahkan akan membahayakan.

Latihan Wanatirta kali ini merupakan latihan survival masih terbatas pada “sea and jungle survival”. Latihan ini diberikan saat masih Taruna dan akan mendapat latihan lebih kompleks lagi setelah Taruna bertugas di kesatuan masing-masing.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *