Akademi Angkatan Udara adalah ZONA INTEGRITAS Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

Sesuai dengan kalender pendidikan Akademi Angkatan Udara, Taruna AAU tingkat III melaksanakan latihan Wanatirta dengan mengambil lokasi di Waduk Sermo Kulonprogo. Upacara pembukaan latihan Wanatirta dilaksanakan di Lapangan Dirgantara dengan Inspektur Upacara Wakil Gubernur AAU Marsekal Pertama TNI Fachri Adamy, S.E., Senin (16/09/19), diikuti oleh seluruh civitas akademika Akademi Angkatan Udara baik antap militer, PNS maupun Taruna.

Dalam sambutan Gubernur AAU Marsda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M. yang dibacakan oleh Wakil Gubernur AAU selaku Inspektur Upacara menegaskan bahwa latihan ini merupakan bagian dari proses pembentukan personel militer, khususnya Angkatan Udara, agar dapat melaksanakan tugas-tugas operasi di medan pertempuran. Latihan Wanatirta mutlak keharusan bagi Taruna untuk menguasai pengetahuan kemiliteran, seperti survival tempur yang meliputi tindakan apa yang harus diambil untuk dapat mempertahankan hidup jika berada di medan pertempuran.

Lebih lanjut Gubernur AAU dalam sambutannya mengatakan, “Dalam dunia militer kita mengenal prinsip S.E.R.E (Survival, Evasion, Resistance, Escape). Setiap prajurit harus mampu bertempur, berjuang untuk tetap hidup, tidak ada istilah pasrah apalagi menyerah kepada musuh. Banyak kendala dan kesukaran yang timbul, namun harus dicari jalan keluarnya dan dipersiapkan dengan berbagai pengetahuan survival serta latihan mental yang kuat.”

Latihan Wanatirta yang dilaksanakan di Waduk Sermo Kulonprogo direncanakan berlangsung dari tanggal 18 September 2019 dan berakhir tanggal 20 September 2019, diikuti oleh 93 orang Taruna tingkat III dengan pendukung 35 orang.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *