Akademi Angkatan Udara Wilayah Anti Korupsi, Akademi Angkatan Udara Zona Integritas

Akademi Angkatan Udara (AAU) menggelar upacara pengibaran bendera merah putih untuk memperingati Hari Bela Negara ke-71 tahun 2019 di lapangan Dirgantara AAU, Yogyakarta, Kamis (19/12/2019).

Bertindak selaku Inspektur upacara adalah Direktur Administrasi AAU (Dirmin AAU) Kolonel Adm Harry Sofian. E, S.I.P, M.H.

Upacara yang digelar dengan khidmat ini, diisi pula dengan pembacaan ikrar bela negara.

Pada amanat Presiden Republik Indonesia yang dibacakan Dirmin AAU dikatakan bahwa landasan prioritas bela negara untuk pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul diarahkan kepada perwujudan manusia Indonesia paripurna berdasarkan Pancasila.

Hal tersebut sejalan dengan instruksi Presiden RI tentang pelaksanaan rencana aksi bela negara diberbagai bidang dan tataran diseluruh Indonesia yang melibatkan jajaran Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah serta berbagai elemen masyarakat sebagai wujud apresiasi berbagai keahlian manusia Indonesia.

“Aksi nasional bela negara juga melengkapi keahlian SDM kita dengan pengamalan nilai-nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai Ideologi negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur”, kata Dirmin AAU saat membacakan amanat Presiden RI.

Lebih dalam disampaikan bahwa bela negara harus disesuaikan dengan kondisi kekinian yang dihadapi masyarakat secara umum sehingga bela negara bukan hanya menjadi alat untuk menghadapi ancaman yang bersifat potensial maupun aktual, namun juga menjadi alat pencapaian tujuan nasional bangsa dalam jangka panjang yang memerlukan kerja keras serta sinergi bersama secara terus menerus.

Upacara pengibaran bendera merah putih yang digelar kali ini, diikuti oleh gabungan personel AAU dan personel Lanud Adi Sucipto serta para Taruna AAU.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *