Akademi Angkatan Udara Wilayah Anti Korupsi, Akademi Angkatan Udara Zona Integritas

Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, Ph.D secara khusus memberikan kuliah umum kepada seluruh Perwira, Dosen PNS dan Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) tingkat II, III dan IV di gedung Sabang Merauke AAU, Yogyakarta, Rabu (12/2/2020).

Kedatangan Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, Ph.D diterima langsung oleh Gubernur AAU Marsda TNI Nanang Santoso beserta para pejabat AAU.

Dalam sambutan pengantar sebelum dimulainya kuliah umum, Gubernur AAU menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, Ph.D atas kehadirannya.

Kuliah umum kali ini mengambil tema “Development of Aircraft, HAPS, and Microsatellite Onboard Microwave Remote Sensed Sensor”.

Pada materi yang dibawakannya, Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, Ph.D banyak memberikan motivasi khususnya kepada para Taruna AAU dalam menyongsong perkembangan teknologi 20 tahun kedepan terlebih dengan banyaknya generasi muda Indonesia yang memiliki potensi dalam pengembangan teknologi Radar.

Disampaikan pula bahwa dengan luasnya wilayah Indonesia, diperlukan suatu terobosan teknologi yang mampu membantu pengawasan dan penjagaan perbatasan wilayah negara, salah satunya penggunaan teknologi drone.

Kemudian sempat disampaikan pula bahwa aplikasi radar buatannya juga sudah mulai dipasang pada beberapa pesawat yang dioperasikan TNI AU. Bahkan hasil karyanya banyak yang telah disalin oleh lembaga penelitian asing termasuk NASA milik Amerika.

Sementara itu, asistennya yang bernama Ayaka Takahashi Ph.D juga sempat memberikan penjelasan kepada seluruh peserta kuliah umum tentang penelitian yang dilakukan bersama untuk membuat oli yang memiliki kemampuan tahan terhadap suhu panas dan suhu dingin yang diperuntukan bagi mesin yang beroperasi di luar angkasa.

Diharapkan dengan perkuliahan umum ini, para peserta mendapatkan ilmu yang penting dan erat kaitannya dengan kesiapan dalam mendukung pelaksanaan tugas.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *