Akademi Angkatan Udara Wilayah Anti Korupsi, Akademi Angkatan Udara Zona Integritas

 

Akademi Angkatan Udara (AAU) melalui Satuan Kesehatan AAU melaksanakan sosialisasi pencegahan COVID-19 yang lebih dikenal dengan nama virus Corona kepada seluruh Taruna AAU di gedung Handrawina AAU, Yogyakarta, Sabtu (14/03/2020).

Sosialisasi ini digelar untuk memberikan pengetahuan, informasi dan pemahaman kepada para Taruna AAU terkait maraknya penyebaran dan bahaya virus Corona serta pencegahan dini agar terhindar dari virus tersebut.

Kepala Kesehatan (Kakes) AAU Kapten Kes dr. Nurul Hadi Ginting, Sp.KP berkesempatan memberikan informasi pencegahan penyebaran virus Corona dihadapan seluruh Taruna AAU yang diawali dengan pemaparan tentang sejarah awal laporan pneumonia misterius di Wuhan, China pada 31 Desember 2019 lalu.

Penyebab dari virus Corona, diketahui merupakan virus yang berasal dari transmisi hewan yang menyebar pada manusia.

Dalam paparan yang dibawakannya juga disampaikan bahwa penyebaran virus Corona dapat terjadi melalui kontak langsung maupun tidak langsung dengan orang yang terinfeksi berupa droplet dari batuk dan bersin, sentuhan, berjabat tangan maupun menyentuh obyek atau permukaan yang terkontaminasi virus kemudian secara tidak sadar menyentuh mulut, hidung atau mata sebelum mencuci tangan.

Sampai saat ini, belum ada vaksin untuk pencegahan infeksi virus Corona. Karena itu dalam sosialisasi ini, Kakes AAU juga menyampaikan bahwa tentang pentingnya menjaga diri dengan pencegahan sedini mungkin berupa pola hidup bersih dan sehat.

Pencegahan transmisi virus Corona dapat dilakukan dengan cara mencuci tangan setelah beraktivitas, menghindari menyentuh muka (mata, hidung, mulut), menggunakan masker ketika sakit atau dikeramaian, menghindari kontak langsung dengan orang yang sakit, menerapkan etika batuk dan bersin sampai dengan memasak hingga matang makanan yang berasal dari hewan serta berolahraga dan beristirahat cukup untuk meningkatkan sistem imun.

Selain memberikan pengetahuan, informasi dan pemahaman terhadap virus Corona, para Taruna AAU juga diajak untuk memerangi Hoax yang beredar berupa berita tentang penggunaan jenis obat tertentu yang belum teruji secara klinis maupun hoax tentang cara penyebarannya yang menimbulkan kepanikan berlebih.

Para Taruna AAU juga dihimbau untuk tidak khawatir dengan penyebaran virus Corona selama mereka selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Sosialisasi yang dihadiri Komandan Wing Taruna Kolonel Pnb Bambang Juniar Djatmiko, S.Sos., M.M dan pejabat serta pengasuh di lingkungan Wing Taruna ini, diakhiri dengan tanya jawab agar para Taruna semakin paham terhadap penyebaran dan pencegahan virus Corona tersebut.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *