Akademi Angkatan Udara Wilayah Bebas Dari Korupsi ***** Akademi Angkatan Udara Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

 

Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Sri Paduka Paku Alam X memberikan pembekalan kepada 106 Karbol Akademi Angkatan Udara di Gedung Sabang Merauke AAU, Yogyakarta, Jumat (26/6/2020).).

Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsda TNI Nanang Santoso, dalam sambutannya mengungkapkan rasa hormat sekaligus penghargaan yang tinggi atas kehadiran KGPAA Sri Paduka Paku Alam X di Kesatrian Akademi Angkatan Udara untuk memberikan pencerahan sekaligus pembekalan bagi Karbol AAU.

Wagub DIY KGPAA Sri Paduka Paku Alam X menekankan pentingnya kebudayaan dan kepemimpinan, khususnya kepemimpinan dalam konsepsi Jawa yang sangat bermanfaat. Menurutnya budaya yang mengandung tiga unsur yakni cipta, rasa dan karsa begitu penting dan mendasar yang dapat membawa keseimbangan yang proporsional dalam kehidupan seorang pemimpin.

Sementara kepemimpinan yang diajarkan dalam konsepsi Jawa minimal memenuhi semboyan Ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani, yang berarti di depan memberi teladan, di tengah memberi semangat sebagai teman sejawat, di belakang memberi dorongan, motivasi atau dukungan.

Tak kalah pentingnya, KGPAA Sri Paduka Paku Alam X juga memberikan wejangan tentang kepemimpinan dengan pola keteladanan melalui nilai-nilai luhur budaya jawa yakni Guna, Titi, Purun. Guna, berarti bermanfaat, sehingga orang yang berilmu harus memanfaatkan ilmunya untuk kesejahteraan dan kemajuan umat manusia. Titi berarti jujur, lebih dan mengerti, jadi seorang pemimpin harus benar-benar mengerti dan menguasai pokok persoalan. Sedangkan Purun berarti berani, mau melakukan dan sanggup, ini adalah suatu sifat ksatria, seorang pemimpin harus memiliki jiwa ksatria yaitu berani, berperilaku baik dan tidak berperilaku buruk. Selain itu masih banyak lagi konsepsi kepemimpian yang diungkapkan KGPAA Sri Paduka Paku Alam X yang sangat inspiratif dan patut menjadi pedoman bagi para Karbol Akademi Angkatan Udara sebagai calon-calon pemimpin bangsa masa depan.

KGPAA Sri Paduka Paku Alam X pun tak lupa memberikan memotivasi kepada para Karbol AAU agar terus meningkatkan kualitas diri serta profesionalisme perwira Angkatan Udara dalam menghadapi tugas-tugas di satuan nantinya.

Para Karbol Akademi Angkatan Udara tingkat IV, calon Perwira Remaja TNI Angkatan Udara yang baru diwisuda menjadi Sarjana Terapan Pertahanan pada 24 Juni lalu, nampak antusias menerima pembekalan dari Wakil Gubernur DIY. Usai pembekalan, dilanjutkan penyerahan cindera mata dan foto bersama, dilanjutkan melihat dari dekat pesawat tempur TNI Angkatan Udara jenis F-5 yang biasa digunakan untuk praktek Karbol AAU. Turut hadir dalam acara pembekalan tersebut, Wakil Gubernur AAU Marsma TNI Paminto Bambang Pamungkas, S.I.P., para Pejabat List A, para Dosen dan Antap Akademi Angkatan Udara. (penaau/2020


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *