Berita

AAU SELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL SENASTINDO KE-4 2022

Isi Berita

Yogyakarta. Seminar Nasional Sains Teknologi dan Inovasi Indonesia (Senastindo) ke-4 Akademi Angkatan Udara (AAU) 2022 mengusung tema Peran Lembaga Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Guna Menghadapi Ancaman Perang Modern di Era Transformasi Digital”, dilaksanakan di Gedung Sabang Merauke AAU, Yogyakarta, Rabu (23/11/2022).

Seminar Nasional yang digelar selama sehari ini menghadirkan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA. sebagai keynote speakers secara online. Seminar Nasional ini diikuti oleh berbagai Civitas Akademika Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, serta berbagai Lembaga Penelitian dan Pengembangan.

Gubernur AAU Marsda TNI Eko D. Indarto, S.I.P., M.Tr.(Han) dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan seminar nasional ini adalah sebagai bentuk kesiapan dalam menghadapi era transformasi digital, yang diharapkan dapat menghasilkan produk-produk inovasi, sehingga mampu bersaing di dunia internasional, serta mampu membangun kemandirian bangsa dan negara yang bermuara pada kekuatan pertahanan Republik Indonesia.

Sementara Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA. selaku keynote speakers mengungkapkan, bahwa lembaga pendidikan militer adalah center of excellence yang menjadi mercusuar pembelajaran, sebagai upaya Confidence Building Measures dan memberikan all-round capabilities. Dikatakan, aspek pertahanan dan kemampuan militer adalah salah satu instrumen penting terhadap kedaulatan dan eksistensi suatu negara, dimana teknologi memainkan peranan yang sangat besar dan tidak boleh disepelekan, namun pada akhirnya secanggih apapun alutsista yang kita miliki, peran manusialah yang menjadi penentu kemenangan dalam pertempuran modern, demikian tegasnya.

Seminar nasional Senastindo AAU 2022 kali ini menghadirkan beberapa Narasumber kondang, diantaranya Gubernur Lemhanas RI, Andi Widjajanto, S.Sos., M.Sc., Ph.D., Ketua Forum Rektor Indonesia periode 2017-2022 dan Dewan Pakar Pusat Studi Energi UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU., ASEAN.Eng., dan Lecturer of Master of Mechanical Engineering Swiss German University Dr. Edi Sofyan, B.Eng., M.Eng (Aero).(penaau-2022).

Berita Lainnya

AAU SELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL SENASTINDO KE-4 2022