Berita

Peserta Tour de Campus Kunjungi Museum Karbol

Isi Berita

Yogyakarta. Upaya edukasi dalam rangka mewujudkan pengabdian masyarakat yang menjadi tanggung jawab Lembaga Pendidikan Akademi Angkatan Udara (AAU), secara rutin dilaksanakan dalam wujud Tour de Campus. Acara keliling Kesatrian AAU diakhiri dengan mengunjungi Museum Karbol. Turut hadir dalam kunjungan tersebut,vAnak-anak Yatim-Piatu Panti Asuhan Madani Gedongkuning, Yogyakarta, (Minggu, 27-11-2022).

Para pengunjung sangat terkesan dengan berbagai informasi yang ditampilkan di dalam Museum Karbol, demikian juga dengan Anak-anak Yatim-Piatu Panti Asuhan Madani. Mereka mendapatkan penjelasan tentang sejarah perjalanan dan kehidupan Karbol (Taruna AAU) dan Pahlawan Nasional yang dijuluki Pak Karbol (Prof. DR. Abdulrachman Saleh).

Disamping berbagai kreativitas yang merupakan hasil karya para Karbol, di dalam Museum tersebut juga disajikan Catatan Peristiwa keikutsertaan para Kadet Penerbang (Julukan Taruna AAU saat itu) dalam mempertahankan Kemerdekaan RI dengan melaksanakan pengeboman di tiga kota kedudukan Belanda (Salatiga, Ambarawa, dan Semarang) hingga peristiwa gugurnya Tiga Perintis TNI AU (Adisutjipto, Prof. DR. Abdulrachman Saleh, dan Adi Soemarmo).

Gubernur AAU, Marsda TNI Eko D. Indarto, S.I.P., M.Tr.(Han) menyampaikan bahwa catatan sejarah tentang perjalanan kehidupan Karbol yang dimulai sejak berdirinya Sekolah Penerbangan Pertama sebagai embrio berdirinya AAU hingga hasil kreativitasnya ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat umum dalam upaya menumbuhkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Karenanya, museum ini dibuka untuk umum agar menjadi sumber inspirasi bagi segenap generasi penerus bangsa.(penaau-2022)

Berita Lainnya

Peserta Tour de Campus Kunjungi Museum Karbol