Berita

GUBERNUR AAU DUKUNG GELAR BUDAYA YOGYAKARTA

Isi Berita

YOGYAKARTA-AAU. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau yang biasa dikenal dengan Yogyakarta, Yogya, Jogja maupun Jogya adalah kota yang memiliki sejuta warisan budaya peninggalan dari nenek moyang sehingga dijuluki sebagai Kota Seni dan Budaya.

 

 

 

 

Ada dua kraton di Yogyakarta yang menjadi pusat budaya, yaitu Kasultanan Ngogyakarta Hadiningrat dan Pura Pakualaman. Karenanya hingga kini dalam setiap event yang digelar selalu diwarnai dengan nilai-nilai Seni dan Budaya.

 

 

 

 

Sebagai perwujudan julukan Kota Seni dan Budaya tersebut digelar pentas Seni Ketoprak, bertempat di Monumen 1 Maret, Jl. Malioboro, Yogyakarta (Sabtu, 3-12-2022, Pukul 19.00 Wib).

 

 

 

 

Pentas Seni Rakyat Kethoprak ini merupakan inisiasi Sri Sultan Hamengku Buwono X dan menjadi sajian tepat menikmati malam minggu pertama di bulan Desember 2022, dengan mengusung lakon "Crah Agawe Bubrah, Rukun Agawe Santosa".

 

 

 

 

Sederet pejabat Pemda DIY tampil dalam gelaran seni ini, diantaranya Gubernur AAU, Kapolda DIY, Kajati DIY, Wagub AAU, Danlanud Adisutjipto, Danlanal Yogyakarta, Bupati Gunungkidul, Pj Walikota Yogya, Pj Bupati Kulon Progo, bahkan ada Rektor UGM. Mereka semua memainkan peran terbaiknya untuk mendukung tetap tegaknya nilai-nilai budaya di Yogyakarta.

 

 

 

 

Gubernur AAU, Marsda TNI Eko D. Indarto, S.I.P., M.Tr.(Han) beserta Wagub AAU, Marsma TNI Daan Sulfi, S.Sos., M.Si., M.Han didaulat untuk berperan sebagai aktor dalam Gelaran Seni tersebut.

 

 

 

 

Di akhir acara Gelaran Seni, Gubernur AAU beserta beberapa pejabat yang berhasil tampil dengan baik mendapatkan bingkisan penghargaan dari Raja Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

 

 

 

 

Sri Sultan HB X mengatakan bahwa pementasan Seni Ketoprak kolaborasi antara Insan Seni Yogyakarta dan para Pejabat ini selain sebagai sarana berinteraksi antara pejabat dan rakyat, diharapkan dapat menumbuhkan semangat masyarakat dalam mengapresiasi seni.(penaau-2022)

Berita Lainnya

GUBERNUR AAU DUKUNG GELAR BUDAYA YOGYAKARTA