Berita

TARUNA AAU LAKSANAKAN SIMULASI KEBAKARAN DAN LATIHAN PENGGUNAAN ALPEKA

Isi Berita

YOGYAKARTA. Sebagai Calon-calon Perwira TNI Angkatan Udara, para Karbol (Taruna AAU) dalam penugasannya kelak tidak menutup kemungkinan akan menghadapi situasi kritis yang membutuhkan kepiawaian untuk mampu mengambil sikap tegas, cepat dan tepat. Hal ini seperti seringnya terjadi kasus kebakaran di perkantoran Lembaga Pemerintahan.

 

 

 

 

Menyikapi kondisi tersebut, Kepala Keselamatan Terbang dan Kerja (Ka Lambangja) AAU, Letkol Lek Daniel Miranda Pajuk, S.E., M.M., memberikan pembekalan kepada para Karbol dalam menghadapi kebakaran dan cara penggunaan Alat Pemadam Kebakaran (Alpeka), Senin (12-12-2022).

 

 

 

 

Pembekalan diawali dengan pengarahan Kalambangja kepada seluruh peserta latihan tentang tujuan pelaksanaan latihan dan skenario yang akan disimulasikan.

 

 

 

 

Selesai pengarahan, semua peserta bergerak di pos masing-masing dan para Taruna Standby di Flat seakan sedang beraktivitas seperti biasanya. Simulasi kebakaran dimulai dengan asumsi bahwa di sebelah Timur Flat 4, telah terjadi kebakaran dan jaga kamar segera melaporkan kepada piket Taruna tentang terjadinya kebakaran di Flat 4, serta piket Taruna lapor ke Pawas Taruna, seiring dengan asap telah memenuhi Flat 4.

 

 

 

 

Menyikapi laporan tersebut, Pawas memerintahkan untuk mengumumkan dan membunyikan Alarm Peringatan Kebakaran di Flat. Sejalan dengan itu, Pawas memerintahkan Taruna untuk bergerak menuju titik kumpul. Bersamaan dengan itu, Petugas Duty Safety dan Pengasuh di Flat membantu dan mengawasi pergerakan Taruna ke titik Kumpul. Taruna-pun bergerak meninggalkan kamar/Flat mengikuti arah jalur Evakuasi. Pawas Taruna menelpon Damkar AAU. Tak lama kemudian Damkar-pun bergerak melewati depan Handrawina (sirine berbunyi), langsung ke Timur Flat 4 (lokasi kebakaran). Tiba di timur Flat 4 sirine di off dan segera melakukan upaya pemadaman kebakaran hingga tidak ada titik api yang menyala. Setelah itu Damkar segera merapat ke parkiran depan PSD.

 

 

 

 

Seiring dengan pelaksanaan pemadaman kebakaran tersebut, Pawas Taruna menelpon Danwingtar dan Pawas Ksatrian utk melaporkan bahwa ada kebakaran di Flat Taruna dan telah diupayakan pemadaman. Pawas Taruna juga memerintahkan Bintara Pengawas Taruna untuk mematikan tegangan listrik (terminal listrik Flat 6).

 

 

 

 

Pawas menelpon RS utk bantuan Ambulance dan Tim Medis. Ambulance juga bergerak cepat ke Depan Handrawina sambil membunyikan sirine. Tim Kesehatan dan Petugas Duty Safety mengevakuasi korban, kemudian di bawa ke RS (langsung menuju Parkiran Depan PSD dan sirine di off). Petugas Duty Safety ikut merapat ke Parkiran depan PSD.

 

 

 

 

Taruna melewati jalur Evakuasi dan tiba di titik kumpul. Pengasuh langsung menghitung jumlah kekuatan Taruna, dan dilanjutkan latihan penggunaan Alpeka. Tim Peraga sdh stby di parkiran depan PSD. Latihan dipimpin instruktur (Kalambangja) dan dibantu peraga Duty Safety, Pawas Taruna, Bawas Taruna, Pengasuh, Tim Kesehatan, dan Tim Damkar dari awal sampai acara selesai, dan Taruna kembali ke Flat Putra Angkasa.

 

 

 

 

Demikian Skenario latihan bagi Taruna AAU dalam menghadapi kebakaran sekaligus Latihan penggunaan ALPEKA.(penaau-2022)

Berita Lainnya

TARUNA AAU LAKSANAKAN SIMULASI KEBAKARAN DAN LATIHAN PENGGUNAAN ALPEKA