Berita

AAU LAKSANAKAN TES SAMAPTA UNTUK TINGKATKAN KEBUGARAN ANGGOTA 

Isi Berita

YOGYAKARTA (Pen-AAU). Akademi Angkatan Udara (AAU) secara berkala melaksanakan pembinaan serta meningkatkan kebugaran dan kemampuan fisik prajurit melalui tes kesemaptaan jasmani pada periode semester I tahun 2023 di stadion Sasana Krida dan lapangan Andalan AAU, Yogyakarta, Rabu, (8/3/2023).

 

Test samapta yang dilaksanakan secara periodik itu, diikuti oleh ratusan Perwira dan Wanita Angkatan Udara (Wara) AAU pada putaran pertama. Pada putaran kedua tes samapta diikuti oleh Bintara dan Tamtama. Sedangkan pada putaran ketiga diikuti oleh PNS AAU. 

 

Selain sebagai bentuk evaluasi pembinaan kebugaran jasmani, test samapta ini secara bertahap dilakukan untuk menjaga kondisi kesehatan jasmani dan ketahanan fisik dalam mendukung kelancaran tugas sehari-hari di AAU.  

 

Kegiatan test kesamaptaan jasmani yang diselenggarakan oleh Departemen Jasmani Kemiliteran (Depjasmil) AAU meliputi tes samapta A (lari), dilanjutkan samapta B, yakni pull up, sit up, push up dan shuttle run. 

 

Kepala Departemen Jasmani Kemiliteran (Kadep Jasmil) AAU Kolonel Pas Supomo mengatakan bahwa test kesamaptaan jasmani ini dilakukan merujuk pada program pembinaan kesamaptaan jasmani, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kondisi kebugaran jasmani sekaligus mengevaluasi kemampuan kesamaptaan setiap anggota, baik Pewira, Bintara, Tamtama maupun PNS yang dilakukan secara bertahap, jelasnya.(penaau/2023).

Berita Lainnya

AAU LAKSANAKAN TES SAMAPTA UNTUK TINGKATKAN KEBUGARAN ANGGOTA