Berita

Latihan Wanatirta Karbol Tingkat III AAU Secara Resmi Dibuka

Isi Berita

       Sea and jungle survival AAU yang dilaksanakan dengan sandi “Latihan Wanatirta” Karbol Tingkat III Akademi Angkatan Udara (AAU) secara resmi dibuka oleh Wakil Gubernur AAU Marsma TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M. di lapangan Dirgantara Ksatrian AAU Yogyakarta, Selasa (21/9/2021).

       Latihan Wanatirta merupakan salah satu bentuk pembinaan prajurit khususnya awak pesawat untuk dapat bertahan hidup apabila mengalami emergency di daerah operasi baik di daratan maupun di perairan. Latihan ini merupakan program latihan yang wajib diikuti oleh Karbol Tingkat III AAU sebagai bekal pengetahuan untuk melatih diri bertahan hidup pada saat menghadapi kondisi darurat di medan operasi pertempuran udara. Hal tersebut juga penting bagi Karbol AAU karena latihan Wanatirta merupakan salah satu tahap latihan kemampuan yang harus dimiliki oleh Karbol sebagai bekal dalam  melaksanakan tugas operasi di medan pengabdian yang sebenarnya.

       Gubernur AAU Marsda TNI Nanang Santoso dalam sambutan yang dibacakan Wagub AAU Marsma TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M. menekankan kepada seluruh personel yang terlibat latihan untuk melaksanakan latihan Wanatirta ini dengan sungguh-sungguh, tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan, mentaati aturan serta melaksanakan rangkaian kegiatan sesuai dengan perencanaan yang telah disiapkan, sehingga seluruh tahapan latihan dapat terlaksana dengan aman, lancar dan apapun permasalahan yang muncul di lapangan dapat dengan cepat diatasi.

       “Keberhasilan latihan ini tentunya sangat ditentukan oleh keseriusan, kecermatan dalam perencanaan, pelaksanaan serta perlunya kejelian dalam pengawasan dan pelaksanaan evaluasi pada setiap perkembangan yang terjadi di lapangan”, ungkapnya

       Latihan Wanatirta ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu kegiatan ground school tentang teori dasar sea and jungle survival, dan aplikasi teori berupa latihan yang dilaksanakan di daerah sekitar waduk Sermo Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. (penaau/2021).

Berita Lainnya

Latihan Wanatirta Karbol Tingkat III AAU Secara Resmi Dibuka