Berita

Karbol AAU Belajar Leadership Pada Kearifan Lokal

Isi Berita

      Karbol Akademi Angkatan Udara (AAU) yang melaksanakan latihan luar praktik Radar TNI Angkatan Udara di Depo Pemeliharaan 50 Lanud Adi Soemarmo Solo, baru-baru ini, menyempatkan diri melaksanakan rekreasi ke istana kerajaan Puro Mangkunegaran.

       Para Karbol AAU menyempatkan diri berbincang-bincang menggali nilai-nilai kearifan lokal tentang tata cara kepemimpinan yang dilakukan tokoh pendiri Mangkunegaran yakni Raden Mas Said yang juga terkenal dengan sebutan Pangeran Sambernyawa atau Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegaran I.

       Banyak hal keteladanan yang bisa diambil dari kepemimpinan KGPAA Mangkunegaran I dalam melawan penjajah Belanda. Hal tersebut sangat penting untuk mengenalkan dan  menanamkan prinsip-prinsip kepemimpinan atau leadership yang terkandung dalam Tridharma atau tiga pengabdian yang dikenal melekat  pada diri Raden Mas Said, yakni pertama, Mulat Sarira Angrasa Wani yaitu berani berintrospeksi atau mawas diri. Kedua, Rumangsa Melu Andarbeni, yaitu merasa ikut memiliki, dan ketiga, Wajib Melu Anggondheli yang berarti berkewajiban ikut membela atau mempertahankan.

       Nilai-nilai kepemimpinan tersebut pantas dan layak diteladani oleh Karbol-Karbol AAU guna menyiapkan dirinya menjadi calon pemimpin TNI Angkatan Udara masa depan. (penaau/2022).

Berita Lainnya

Karbol AAU Belajar Leadership Pada Kearifan Lokal