Berita

AAU Laksanakan Istighosah dan peringatan Isro’ Miraj 1443 H

Isi Berita

          Seluruh warga muslim baik Prajurit, PNS dan Karbol Akademi Angkatan Udara (AAU) memenuhi lapangan Putra Angkasa Kesatrian AAU Yogyakarta dalam rangka memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah/2022, Rabu (2/3/2022).

       Peringatan Isra Mi’raj diawali istighosah atau doa bersama yang dipimpin Gus Imam Suhrowadi, dilanjutkan dengan ceramah siraman rohani yang disampaikan oleh Ustadz Dr. H. Khoiruddin Bashori, M.Si  yang mengupas tema hikmah dibalik peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW dalam menerima perintah shalat lima waktu, sebagai landasan moral bagi Prajurit, PNS dan Karbol AAU dalam membentuk karakter yang tangguh lahir dan batin.

       Sebagaimana yang disampaikan oleh Ustadz Dr. H. Khoiruddin Bashori, M.Si  bahwa peringatan Isra’Miraj selain mengajarkan tentang sholat  juga mengingatkan tentang tatacara  membentuk ketangguhan secara sosial. Ada tiga tingkatan yang perlu diketahui sebagai implementasi dari penjabaran  sholat dan peringatan Isra’Miraj tersebut yakni

  • Golongan yang masih dholim dan aniaya terhadap diri sendiri, contohnya adalah kelompok orang yang selalu mengeluh terhadap setiap masalah yang dihadapi.
  • Golongan kedua adalah kelompok orang-orang yang sabar yang bisa menerima masalah yang menimpa kepada dirinya.
  • Sedangkan golongan ketiga adalah orang-orang yang bisa menikmati masalah yang dihadapinya.

        Diharapkan oleh penceramah, bahwa kita semua bisa masuk pada golongan yang ke tiga yakni yang tangguh dapat menghadapi masalah dan menikmatinya dalam kehidupannya. Sehingga tetap dapat bersyukur, terhadap tidak hanya saat mendapat ujian kenikmatan tetapi juga bersyukur  saat mendapatkan ujian. Disisi lain kita bisa menemukan kebahagiaan sejati, ditengah kehidupan didunia yang sangat singkat.

         Selain warga, anggota dan taruna yang   beragama muslim, anggota dan taruna yang beragama lain juga melaksanakan ibadah di tempat yang telah disediakan yakni Gedung Sabang Merauke. (penaau/2022).

Berita Lainnya

AAU Laksanakan Istighosah dan peringatan Isro’ Miraj 1443 H