Berita

Latihan Bhuwana Paksa AAU 2022 Secara Resmi Dibuka

Isi Berita

       Latihan Bhuwana Paksa Karbol Tingkat III Akademi Angkatan Udara (AAU)  secara resmi dibuka oleh Gubernur AAU Marsda TNI Eko D. Indarto, S.I.P., M.Tr.(Han), ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan pada upacara pembukaan latihan di lapangan Dirgantara Kesatrian AAU, Yogyakarta, Senin (14/3/2022).

       Latihan Bhuwana Paksa merupakan salah satu program pendidikan dan latihan khusus bagi Karbol Tingkat III AAU sebagai bagian dari proses pembentukan matra udara. Latihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan bagi para Karbol tentang aplikasi lapangan dari materi Pertahanan Pangkalan (Hanlan) yang sebelumnya telah diperoleh para Karbol di kelas.

       Latihan yang dilaksanakan mulai tanggal 14 sampai dengan 18 Maret ini merupakan bagian dari operasi Hanud aktif yakni Hanud titik dalam rangkaian Sishanudnas, yang bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman sekaligus pengenalan tentang operasi Hanlan, termasuk teknik dan taktik Sishanud yang bersifat horizontal maupun vertical dalam mengamankan obyek vital.

       Gubernur AAU meminta, walaupun di tengah kondisi pandemi saat ini latihan  Bhuwana Paksa  agar tetap dapat  dilaksanakan sesuai rencana secara optimal. “Kepada para pelatih dan seluruh peserta maupun pendukung latihan, agar melaksanakan semua tahapan latihan sesuai rencana yang telah ditentukan sehingga objective latihan operasi Hanlan bagi Karbol Tingkat III dapat tercapai dengan baik dan tepat sasaran”, ungkapnya.

       Mengakhiri sambutannya Marsda TNI Eko D. Indarto menekankan kembali kepada para Karbol agar senantiasa memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan, patuhi semua instruksi dari para pelatih, saling berkoordinasi dan lakukan check and recheck pada setiap kegiatan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang sewaktu-waktu bisa terjadi.  (penaau/2022).

Berita Lainnya

Latihan Bhuwana Paksa AAU 2022 Secara Resmi Dibuka