Berita

Mengukur Kemampuan Jasmani, Antap AAU Test Samapta

Isi Berita

Untuk menjaga kebugaran jasmani anggota tetap (antap) Akademi Angkatan Udara (AAU) melaksanakan test samapta di stadion Sasana Krida dan lapangan Andalan Ksatrian AAU, Yogyakarta, Selasa (22/3/2022). Sesaat sebelum test samapta, dilaksanakan pemeriksaan tensi oleh tim Kesehatan AAU untuk memastikan kondisi fisik anggota dalam melaksanakan samapta.

Kegiatan test kesamaptaan jasmani yang diselenggarakan oleh Departemen Jasmani Militer (Depjasmil) AAU meliputi dua kategori, test samapta A, dilanjutkan samapta B, yakni lari 12 menit, Pull Up, Sit Up, Push Up dan Shuttle Run. Test samapta yang dilaksanakan secara periodik, dibagi menjadi tiga putaran. Putaran pertama diikuti Perwira dan Wanita Angkatan Udara (Wara), putaran kedua Bintara dan Tamtama. Sedangkan pada putaran ketiga diikuti oleh PNS AAU.

Kepala Departemen Jasmani Militer (Kadep Jasmil) AAU Kolonel Pas Ari Ismanto menyampaikan agar setiap personel melaksanakan test dengan semaksimal mungkin sesuai kemampuan, jangan dipaksakan karena yang tahu kondisi dan kemampuan diri kita sendiri.

“Test samapta ini dengan tujuan untuk mengetahui sejauhmana kondisi kesegaran jasmani dan mengevaluasi kemampuan kesamaptaan setiap Antap sekaligus sebagai tolok ukur pembinaan jasmani bagi prajurit dalam menyiapkan fisik yang prima guna kelancaran tugas menghantarkan para Karbol AAU menjadi Perwira yang Tanggon, Tanggap dan Trengginas, ungkap Ari Ismanto. (penaau/2022).

Berita Lainnya

Mengukur Kemampuan Jasmani, Antap AAU Test Samapta