Berita

GADIK AAU IKUTI PELATIHAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Isi Berita

          Pen-AAU (24/5).  Melaksanakan tugas sebagai Tenaga Pendidik (Gadik) bagi Taruna AAU harus memiliki kemampuan tentang “Psikologi Peserta Didik” secara mendalam.  Kemampuan ini menjadi keharusan bagi Gadik AAU karena peserta didiknya berbeda dengan peserta didik di Lembaga Pendidikan pada umumnya.  Peserta didik AAU (Taruna) sejak bangun tidur hingga mau tidur lagi selalu padat dengan kegiatan.  Sudah pasti Taruna memiliki tingkat kelelahan sangat tinggi.  Dengan demikian supaya proses pendidikan tetap berjalan lancar dan materi ajaran yang disampaikan oleh Gadik bisa diterima oleh Taruna (meskipun mereka dalam kondisi lelah), maka para Gadik tersebut harus memahami kondisi Psikologi Taruna.

          Sejalan dengan itu Dinas Psikologi TNI AU (Dispsiau) melaksanakan Program Kerjanya, yakni pelatihan Bimbingan dan Konseling (BK) bagi para Gadik di seluruh Lembaga Pendidikan TNI AU.   Hari ini, bertempat di Ruang Rapat Wing Taruna AAU, Tim Dispsiau yang dipimpin oleh Kolonel Kes Theresia Soepi S., M.Si. melaksanakan Pelatihan BK bagi Gadik AAU.  Selama dua hari (tanggal 23 dan 24 Mei 2022) pelatihan ini membahas bagaimana cara menerapkan Ilmu Psikologi Bidang BK bagi proses pendidikan Taruna.

          Para Gadik AAU yang terdiri dari para Dosen, Instruktur (Pelatih), dan Pengasuh Taruna sangat antusias memperhatikan materi yang disampaikan para Psikolog dari Dispsiau.  Para peserta pelatihan tidak ada yang mau kelewatan satu materi pun karena mereka sangat menyadari pentingnya BK dalam proses pendidikan Taruna.  Memperhatikan antusiasnya peserta pelatihan, Letkol Kes Diah Wayan, M.Psi. selaku pemateri menjadi sangat hati-hati dalam menjelaskan fungsi BK dalam proses pembelajaran/pendidikan Taruna, dengan harapan seluruh peserta pelatihan dapat memahami materi dengan baik.

          Hari ini pelatihan BK ditutup dengan Outbond sekaligus praktek langsung bagi peserta pelatihan yang sudah dua hari menerima materi.  Bertempat di halaman Satkes AAU yang rindang dengan pepohonan dan sejuknya rumput yang tertata rapi, Kapten Kes Sudityo memimpin jalannya praktek Bimbingan Konseling.  Sembari melepas kepenatan setelah dua hari duduk mengikuti pelatihan, para peserta nampak penuh semangat mengikuti Outbond sekaligus mempraktekkan materi yang sudah didapatkan.(penaau-2022)

Berita Lainnya

GADIK AAU IKUTI PELATIHAN BIMBINGAN DAN KONSELING