Berita

TARUNA AAU LAKSANAKAN LATIHAN NAVIGASI UDARA

Isi Berita

          Pen-AAU (27/5/2022). Dua Pesawat Hercules C-130 dan satu Pesawat CN take off dari landasan pacu Lanud Adisutjipto Yogyakarta menuju Lanud Mulyono, Surabaya, Jawa Timur. Penerbangan tiga Pesawat Angkut milik TNI Angkatan Udara kali ini bukan melaksanakan Operasi Penerbangan rutin yang biasa dilaksanakan dalam mendukung pergeseran pasukan dan logistik, namun menerbangkan 119 Karbol (Taruna AAU) yang sedang melaksanakan Latihan Navigasi Udara. Dipandu oleh 9 Instruktur, Karbol Tingkat III mulai menghitung waktu, kecepatan laju pesawat dan jarak tempuh dengan menggunakan peta penerbangan untuk memperkirakan waktu yang tepat saat pesawat landing di Lanud Mulyono, Surabaya, Jum’at (27/5)

          Gubernur AAU Marsda TNI Eko D. Indarto, S.I.P., M.Tr.(Han) menekankan agar Latihan dengan sandi Cakra Wahana Paksa 2022 (CWP-2022) ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, karena ke depan hasil latihan ini akan sangat mendukung pelaksanaan tugas sebagai Perwira Anggkatan Udara. “Perhatikan dengan sungguh-sungguh instruksi yang disampaikan Instruktur. Perhatikan waktu, jarak tempuh dan kecepatan pesawat, serta gunakan peta dengan baik agar latihan ini dapat kalian laksanakan dengan hasil maksimal, sehingga ke depan hasil latihan ini dapat mendukung pelaksanaan tugas sebagai Perwira TNI Angkatan Udara.” Demikian penekanan Gubernur AAU di sela-sela pelaksanaan Latihan CWP-2022 berlangsung.

          Latihan Cakra Wahana Paksa ini dibagi dua tahap yakni Navigasi Udara Rute Pendek dan Rute Jauh. Latihan Navigasi Udara Rute Pendek yang hari ini sedang dilaksanakan mengambil rute penerbangan : Lanud Adisutjipto-Lanud Mulyono-Lanud Zam Lombok-Lanud Mulyono-Lanud Adisutjipto. Sedangkan Rute Jauh yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 Mei hingga tanggal 2 Juni 2022 akan mengambil rute : ADI – SPO – RSN – HNM – ASH – ADI.

          Disamping untuk mempraktekkan secara nyata Mata Kuliah tentang Navigasi Udara yang telah didapatkan secara klasikal, Latihan ini bagai “Sambil menyelam minum air” yakni Taruna yang melaksanakan Latihan juga akan melaksanakan promosi tentang keberadaan AAU di Kabupaten Lombok Tengah yang saat ini menjadi Lokasi Latsitarda XLII Satlat Elang. Promosi dilaksanakan dengan display drumband Gita Dirgantara dan dialog tatap muka secara langsung dengan masyarakat setempat. (penaau-2022)

Berita Lainnya

TARUNA AAU LAKSANAKAN LATIHAN NAVIGASI UDARA