Berita

KARBOL HARUS JADI PERWIRA KRITIS DAN PERCAYA DIRI

Isi Berita

      Pen-AAU(22/6). ”Jadilah Perwira yang berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, kreatif dan inovatif, serta percaya diri.  Sebab kalianlah penerus estafet kepemimpinan yang bertugas menjaga Kedaulatan Negara dan kemajuan bangsa.”  Demikian pesan Gubernur AAU, Marsda TNI Eko D. Indarto, S.I.P., M.Tr.(Han) kepada Karbol (Taruna AAU) Tingkat IV yang disampaikan dalam acara pembekalan di Gedung Sabang Merauke, Kesatrian AAU, Selasa (21/6/2022).

      Dalam pembekalan tersebut Gubernur AAU menyampaikan bahwa setelah diwisuda oleh Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA besok pada tanggal 28 Juni 2022, para Karbol Tingkat IV akan disumpah dalam Prasetya Perwira dihadapan Presiden RI pada tanggal 14 Juli 2022 di Istana Negara, Jakarta.  Menurut Gubernur AAU ; menunaikan Janji dan Sumpah Perwira yang nantinya akan diikrarkan di Istana Negara, merupakan tantangan yang berlanjut terus menerus.  Peristiwa ikrar ini tentu saja akan menggugah sikap patriotisme, kebanggaan sebagai putra bangsa dan tekad bulat untuk tetap optimis menyongsong masa depan.  Oleh karenanya Marsda TNI Eko D. Indarto, S.I.P., M.Tr.(Han) menekankan agar para Karbol menyadari dan mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh.

      “Sesuatu yang bernilai tidaklah murah harganya. Nenek moyang kita memahami kebajikan ini dengan ungkapan klasik jer basuki mowo beya. Artinya untuk meraih kemuliaan, ada pengorbanan yang harus dilakukan. Pengorbanan ini adalah kesungguhan, kerja keras, komitmen, dan tekad pantang menyerah.   Inilah karakter pemimpin yang saya cita-citakan yang harus terbangun dan terbentuk dalam setiap kepribadian Karbol Akademi Angkatan Udara.” Pesan Gubernur AAU dalam pembekalannya.

      Hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden no. 87 tahun 2017 tentang penguatan  pendidikan  karakter  dalam  pendidikan.  Perpres ini menjadi landasan hukum yang kokoh bagi implementasi pendidikan di Akademi Angkatan Udara.  Penguatan sumber daya manusia sebagai modal dalam menghadapi perubahan zaman yang melaju kencang, kompleks dan tidak terduga.  

      Tekait dengan perkembangan teknologi, Marsda TNI Eko D. Indarto, S.I.P., M.Tr.(Han) menyampaikan bahwa AAU menyesuaikan dengan dinamika perkembangan teknologi.   Sebab itu, bagi AAU penguatan sumber daya manusia menghadapi persaingan global menjadi salah satu tujuan utama.  Kehadiran teknologi baru, yakni penerapan kecerdasan buatan, bakal membuat sejumlah pekerjaan sekarang hilang, karena manusia digantikan dengan mesin. Dengan kata lain, di era teknologi baru, para pekerja dituntut untuk menguasai keahlian ketrampilan baru.(penaau-2022)

Berita Lainnya

KARBOL HARUS JADI PERWIRA KRITIS DAN PERCAYA DIRI