Berita

Lanjutan Sekilas Sejarah AAU

Isi Berita

      Pen-AAU(12/7).  Adanya persaingan yang tidak sehat dan semangat korp yang berlebihan, maka Jendral Gatot Subroto mencetuskan gagasan untuk mengintegrasikan ke-empat lembaga pendidikan Akademi Angkatan dan Polri  di bawah satu komando yang terintegrasi, yaitu AKABRI. AAU kemudian menjadi Akabri Bagian Udara berdasarkan Surat Keputusan Presiden / Panglima Tertinggi ABRI / Panglima Koti Nomor: 185 / Koti / 1965 tanggal 16 Desember 1965, yang selanjutnya tanggal tersebut dijadikan sebagai hari jadi Akabri.

      Dengan terbentuknya Akabri, maka Wing Sekolah Penerbang mengalami perubahan organisasi, sehingga pada tanggal 20 Pebruari 1968 dibentuk kembali Wing Pendidikan nomor :  1 (Wingdik I).  Sehubungan dengan reorganisasi Abri sejak tanggal 16 Juni 1984 Akabri Bagian Udara kembali ke jajaran TNI AU dengan nama Akademi Angkatan Udara.

          Dalam perjalananya  AAU saat ini bernama Akademi TNI AU berupaya agar pelaksanaan pendidikan selalu mengikuti perkembangan. Salah satu kegiatan yang ditempuh pola pendidikan 3-1. Pola yang mulai diberlakukan pada tahun 1986 itu merupakan pola pendidikan yang tersusun dalam program 3 tahun pendidikan di AAU dan satu tahun dasar kecabangan di kesatuan-kesatuan TNI AU.  Dalam rangka mengikuti perkembangan pula, sejak tahun 1986 AAU mulai menerapkan sks.  Sesuai kebutuhan kemudian ditetapkan tiga prodi penyelenggaran pendidikan, yaitu Aeronautika, Elektronika, dan Administrasi. Pada tahun 1992 Program Studi Administrasi disesuaikan menjadi Program Studi Teknik Industri dan selanjutnya pada tahun 1999 diubah menjadi Program Studi Teknik Manajemen Industri.

      Dalam rangka meningkatkan kualitas hasil didik dan guna memenuhi kebutuhan personel TNI AU, lembaga pendidikan Akademi Angkatan Udara mengadakan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi antara lain : dengan Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Istitut Teknologi Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto. Selanjutnya dalam perkembangan terakhir berdasarkan Skep Panglima TNI, pendidikan AAU bersama TNI Angkatan lainnya dikembalikan menjadi 4 tahun. Yaitu selama 12 bulan pendidikan awal secara integratif dengan Taruna Matra lainnya. Perubahan waktu pendidikan tersebut berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor : Kep/56/V/2007 tanggal 11 Mei 2007 tentang perubahan lama waktu pendidikan integratif Taruna Akademi TNI dari 5 bulan menjadi 12.(bersambung-penaau2022).

Berita Lainnya

Lanjutan Sekilas Sejarah AAU