Berita

Lanjutan Sekilas Sejarah AAU

Isi Berita

      Pen-AAU(12/7/2022).  Dalam rangka meningkatkan kualitas hasil didik dan guna memenuhi kebutuhan TNI AU, Lembaga Pendidikan Akademi Angkatan Udara mengadakan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi antara lain : dengan Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto.  Selanjutnya dalam perkembangan terakhir berdasarkan Skep Panglima TNI, Pendidikan AAU bersama TNI Angkatan lainnya dikembalikan menjadi 4 tahun.  Yaitu selama 12 bulan pendidikan awal secara integratif dengan Taruna Matra lainnya. Perubahan waktu pendidikan tersebut berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor : Kep/56/V/2007 tanggal 11 Mei 2007 tentang perubahan lama waktu pendidikan integratif Taruna Akademi TNI dari 5 bulan menjadi 12.

 

      Seiring dengan berjalannya waktu pendidikan Mako Akademi TNI sebagai payung hukum Akademi Angkatan melakukan permohonan kepada Kementerian Pendidikan Nasional untuk memberikan gelar Sarjana bagi Lulusan Akademi TNI. Dan berdasarkan Keputusan Mendiknas Nomor 246/D/O/2010 tanggal 29 Desember 2010 akhirnya AAU mendapatkan ijin penyelenggaran program studi yang berdampak pada pemberian gelar kepada lulusannya dengan gelar kesarjanaan Sarjana Sain Terapan Pertahanan (S.S.Tr.Han.) dan Praspa Perwira tahun 2012 menjadi tahun kedua pemberlakuan sistem 4 Tahun dan pemberian Gelar Sarjana.

 

      Pada tanggal 26 Juli 2022 nanti Akademi Angkatan Udara genap berusia 57 tahun. Dan telah menghasilkan Perwira-Perwira TNI Angkatan Udara yang profesional, tangguh dan berkarakter. Mereka telah mengharumkan angkasa raya, mewarnai goresan tinta emas pengabdian TNI AU dan mengisi jabatan-jabatan dalam struktur organisasi TNI AU dan TNI serta Dephan, mulai dari memimpin unit yang terkecil hingga menjadi guru bangsa. Selesai.(penaau2022)

Berita Lainnya

Lanjutan Sekilas Sejarah AAU