Berita

Gubernur AAU Buka Pendidikan Mata Kuliah Pilihan

Isi Berita

      Yogyakarta.  Dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia berkualitas yang sangat menentukan arah organisasi TNI Angkatan udara, dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara, maka dibutuhkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan tepat sasaran.  Salah satu kegiatan yang sangat penting, khususnya bagi para peserta didik yang akan menjalani pendidikannya, adalah pada saat penentuan penjurusan Mata Kuliah Pilihan (MKP) bagi para Taruna-Taruni Tingkat IV, yang akan dikelompokkan pada tujuh Mata Kuliah Pilihan, yaitu :  Penerbang, Teknik, Elektronika, Administrasi, Pembekalan, Pasukan dan Polisi Militer.

      Demikian disampaikan Gubernur AAU, Marsda TNI Eko D. Indarto, S.I.P., M.Tr.(Han) saat membuka Pendidikan MKP bagi Taruna-Taruni Tingkat IV di Ruang VVIP Sutoyo, Gedung Mako, Ksatrian AAU, Senin (22-8-2022).

      Penjurusan MKP ini dilaksanakan berdasarkan kesesuaian nilai akademik, kecenderungan minat dan bakat, kesegaran jasmani, dan postur, serta secara psikologis apakah Taruna-Taruni tersebut sanggup dan mampu untuk menjalani seluruh rangkaian proses pendidikan sampai dengan selesai, menjadi seorang prajurit TNI Angkatan Udara yang handal, profesional dan tangguh, serta tidak berpotensi melakukan pelanggaran hukum, baik ketika para Taruna tengah melaksanakan pendidikan di Akademi Angkatan Udara, maupun setelah berstatus sebagai prajurit aktif TNI Angkatan Udara.

      Penjurusan MKP Penerbang dilaksanakan mengacu pada juknis seleksi calon perwira siswa Sekolah Dasar Kecabangan Penerbang dan Navigator, serta Kursus Dasar Operator Pesawat Terbang Tanpa Awak.  Setelah dilaksanakan proses penjurusan bagi Taruna Tingkat IV yang ditetapkan dengan sidang Wanak, maka didapatkan ketetapan MKP sesuai Korp TNI AU, antara : Pnb/PTTA, Tek, Lek, Kal, Adm, Pas, dan Pom.  Hasil penjurusan tersebut telah sesuai dengan kemampuan dan bakat para Taruna Tingkat IV, sehingga diharapkan memotivasi para Taruna untuk lebih tekun mendalami ilmu Pengetahuan yang diberikan sesuai Korp-nya, guna mendukung pelaksanaan tugasnya kelak sebagai Perwira TNI Angkatan Udara yang profesional di bidangnya. (penaau-2022

Berita Lainnya

Gubernur AAU Buka Pendidikan Mata Kuliah Pilihan