Berita

Press Tour Dispenau Kunjungi Museum Karbol

Isi Berita

      Yogyakarta. Sejumlah 63 orang peserta Press Tour dan Airmen Gathering beserta 22 orang Staf Dispenau mengunjungi Museum Karbol yang berada di dalam komplek Ksatrian AAU. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangkaian acara kunjungan insan pers mitra Dispenau yang sedang melaksanakan Tour ke Lanud Adisutjipto, AAU, dan Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Kamis (25-8-2022).
 
      Para insan pers tersebut sangat terkesan dengan berbagai informasi yang ditampilkan di dalam Museum Karbol. Mereka mendapatkan sejarah perjalanan dan kehidupan Karbol (Taruna AAU) dan Pahlawan yang dijuluki Pak Karbol (Prof. DR. Abdulrachman Saleh). Mereka juga mendapatkan berbagai kreativitas yang dihasilkan dari para Karbol yang bisa menjadi sumber inspirasi mereka sebagai insan pers. Mereka juga terkesima dengan peristiwa keikutsertaan para Kadet Penerbang (Julukan Taruna AAU saat itu) dalam mempertahankan Kemerdekaan RI dengan melaksanakan pengeboman di tiga kota kedudukan Belanda (Salatiga, Ambarawa, dan Semarang) hingga peristiwa gugurnya Tiga Perintis TNI AU (Adisutjipto, Prof. DR. Abdulrachman Saleh, dan Adi Soemarmo).
 
      Gubernur AAU, Marsda TNI Eko D. Indarto, S.I.P., M.Tr.(Han) membuka Museum ini bagi masyarakat umum sejak tanggal 26 Juni 2022 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-57 AAU. “Catatan sejarah tentang perjalanan kehidupan Karbol yang dimulai sejak diberdirikan Sekolah Penerbangan Pertama sebagai embrio berdirinya AAU hingga hasil kreativitasnya ini akan barmanfaat bagi masyarakat umum dalam upaya menumbuhkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air, maka museum ini saya nyatakan dibuka untuk umum.” Ungkap Gubernur AAU.(penaau-2022)

Berita Lainnya

Press Tour Dispenau Kunjungi Museum Karbol