Berita

Peserta Tour de Campus Kunjungi Museum Karbol

Isi Berita

      Yogyakarta.  Kegiatan Tour de Campus yang diselenggarakan Akademi Angkatan Udara (AAU) rutin setiap Minggu Pagi, kali ini terasa istimewa.  Kegiatan yang biasanya hanya menyaksikan display drumband Taruna AAU “Gita Dirgantara” dan dilanjutkan keliling Kampus dengan Bus yang disiapkan AAU, pagi ini (Minggu, 28-8-2022) sangat beda dan excellent. Karena disamping menyaksikan display drumband Taruna AAU dan keliling Kampus juga diajak melaksanakan senam Gemu Famire dan disuguhi pagelaran Seni Reog Ponorogo.  Dan yang tidak kalah pentingnya terhadap upaya meng-edukasi publik, para peserta Tour de Campus kali ini juga diajak mengunjungi Museum Karbol yang berada di dalam Ksatrian AAU.

      Para pengunjung sangat terkesan dengan berbagai informasi yang ditampilkan di dalam Museum Karbol.  Mereka mendapatkan penjelasan tentang sejarah perjalanan dan kehidupan Karbol (Taruna AAU) dan Pahlawan Nasional yang dijuluki Pak Karbol (Prof. DR. Abdulrachman Saleh).  Di dalam Museum tersebut juga ditampilkan berbagai kreativitas yang merupakan hasil karya para Karbol yang bisa menjadi sumber inspirasi bagi para generasi penerus bangsa. Peristiwa keikutsertaan para Kadet Penerbang (Julukan Taruna AAU saat itu) dalam mempertahankan Kemerdekaan RI dengan melaksanakan pengeboman di tiga kota kedudukan Belanda (Salatiga, Ambarawa, dan Semarang) hingga peristiwa gugurnya Tiga Perintis TNI AU (Adisutjipto, Prof. DR. Abdulrachman Saleh, dan Adi Soemarmo) juga disajikan di dalam Museum Karbol.

       Gubernur AAU, Marsda TNI Eko D. Indarto, S.I.P., M.Tr.(Han) mempersilahkan kepada seluruh masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya untuk mengunjungi Museum Karbol, karena semua koleksi yang ditampilkan di dalam museum tersebut dapat menjadi media memperkaya literasi dalam upaya menumbuhkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air.(penaau-2022)  

Berita Lainnya

Peserta Tour de Campus Kunjungi Museum Karbol