Berita

AAU MAMPU CETAK PERWIRA MUDA HANDAL DAN BERKEPRIBADIAN UNGGUL

Isi Berita

      Yogyakarta.* Disamping menanamkan nilai-nilai kepemimpinan (leadership), keperwiraan (officership), dan jiwa kedirgantaraan (airmindedness), Akademi Angkatan Udara (AAU) juga menerapkan sistem pendidikan baik sebagai Lembaga Pendidikan Militer maupun sebagai Perguruan Tinggi.

      Sebagai Lembaga Pendidikan Militer, AAU menerapkan satu konsep yang dinamakan Tri Sakti Wiratama, yaitu sikap prajurit yang tanggon, tanggap, dan trengginas. Sementara sebagai Lembaga Perguruan Tinggi, AAU menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengembangan masyarakat.

      AAU membangun hal tersebut melalui bidang pendidikan secara langsung dengan memberikan penekanan kepada pengasuhan yang punya nilai bobot 40 %. Bobot nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan pengajaran dan pelatihan yang masing-masing hanya 30%.

      Hal ini menjadi ciri khas dari pendidikan Taruna yang output-nya lebih mengedepankan mendidik Taruna menjadikannya seorang Perwira handal yang berakarater kuat dan berpengetahuan luas.

      Dalam proses pendidikan Taruna, AAU juga mengembangkan kesempatan untuk melakukan penelitian guna membangun sifat kritis dan peduli dalam membangun organisasi.

      Selain itu Taruna juga dilibatkan dalam pengembangan masyarakat untuk ikut berpartisipasi terhadap pemberdayaan lingkungan. Di AAU sudah dilakukan kegiatan tersebut, salah satunya adalah menjalankan event *tour de campus* setiap hari minggu pagi. Dalam event ini para Taruna bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam hal seni dan olah raga bersama masyarakat.

      Gubernur AAU, Marsda TNI Eko D. Indarto, S.I.P., M.Tr.(Han) menegaskan bahwa Lembaga Pendidikan AAU memberikan kesempatan kepada para Taruna untuk membangun kepedulian sosial kepada masyarakat sekitar serta membangun suatu sikap dan mengembangkan quote bahwa Taruna AAU adalah bagian dari masyarakat Yogyakarta yang tidak dapat dipisahkan, sehingga muncul konsep *Taruna Duta Budaya.*

      "Goal dari semua ini adalah bahwa AAU mampu mencetak Perwira Perwira Muda yang handal, berkepribadian unggul, berpengetahuan luas dan memiliki kearifan lokal." Tegas Gubernur AAU.

      AAU melalui kiprahnya telah berusaha membangun Roadmap Pembangunan SDM Prajurit Taruna yang berkepanjangan, mengantarkannya menuju pencapaian Indonesia Emas 2045.

      "Taruna-Taruna kita saat ini bakal menjadi pemimpin-pemimpin di TNI bahkan mungkin pemimpin nasional 20-30 tahun ke depan." Pungkas Gubernur AAU.(penaau-2022)

Berita Lainnya

AAU MAMPU CETAK PERWIRA MUDA HANDAL DAN BERKEPRIBADIAN UNGGUL