Berita

MUSEUM KARBOL MENGEDUKASI PESERTA TOUR DE CAMPUS AAU

Isi Berita

      Yogyakarta.  Kegiatan Tour de Campus yang diselenggarakan Akademi Angkatan Udara (AAU) di setiap Minggu Pagi, kali ini terasa istimewa.  Hal ini karena upaya AAU untuk terus melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat dengan mengunjungi Museum Karbol yang berada di dalam Kesatrian AAU.  Kegiatan edukasi ini menjadi sangat bermakna karena para peserta yang hadir menjadi tahu akan makna nilai-nilai sejarah yang sangat tinggi nilainya bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, Minggu (2-10-2022).

 

      Setelah memasuki Museum Karbol para pengunjung mendapatkan penjelasan dari para Taruna tentang sejarah perjalanan dan kehidupan Karbol (Taruna AAU) serta Pahlawan Nasional yang dijuluki Pak Karbol (Prof. DR. Abdulrachman Saleh).  Di dalam Museum tersebut ditampilkan berbagai kreativitas hasil karya para Karbol yang bisa menjadi sumber inspirasi bagi para generasi penerus bangsa.  Peristiwa keikutsertaan para Kadet Penerbang (Julukan Taruna AAU saat itu) dalam mempertahankan Kemerdekaan RI, yaitu melaksanakan pengeboman di tiga kota kedudukan Belanda (Salatiga, Ambarawa, dan Semarang) hingga peristiwa gugurnya Tiga Perintis TNI AU (Adisutjipto, Prof. DR. Abdulrachman Saleh, dan Adi Soemarmo) juga disajikan di dalam Museum ini.

 

      Pengunjung Tour de Campus yang juga mengunjungi Museum Karbol kali ini tidak hanya dari warga masyarakat Yogyakarta, tetapi ada yang datang dari Solo, Magetan, Ponorogo, Pati, Kulonprogo, Magelang, Purworejo, Tegal, bahkan ada yang datang dari Kalimantan.  Memperhatikan kehadiran para pengunjung tersebut Gubernur AAU, Marsda TNI Eko D. Indarto, S.I.P., M.Tr.(Han) menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan apresiasinya kepada Lembaga Pendidikan AAU.

 

      “Semoga upaya AAU dalam melaksanakan tugas untuk ikut serta mengembangkan masyarakat melalui event Tour de Campus dan mempersilahkan mengunjungi Museum Karbol ini berhasil mengedukasi masyarakat, sehingga keberadaan AAU tidak hanya bermanfaat bagi TNI Angkatan Udara tetapi juga bermanfaat bagi seluruh warga masyarakat Indonesia.” Ungkap Gubernur AAU.(penaau-2022

 

Berita Lainnya

MUSEUM KARBOL MENGEDUKASI PESERTA TOUR DE CAMPUS AAU