Berita

KULIAH UMUM SAFETY MANAGEMENT SYSTEM : MENINGKATKAN KESADARAN DAN KESELAMATAN DI AKADEMI ANGKATAN UDARA

Isi Berita

Yogyakarta. (Pen-2024)
Saya berharap dengan mengikuti kuliah umum yang bertemakan safety management system ini dapat memperkaya wawasan dan pengetahuan kita semua, serta memberikan landasan yang kuat bagi para Taruna AAU dalam mahami dan menerapkan prinsip-prinsip keselamatan dalam setiap aspek kegiatan di Akademi Angkatan Udara dan dalam tugas-tugas ke depan.

Demikian Gubernur Akademi Angkatan udara (AAU) Marsda TNI Dr. Ir. Purwoko Aji Prabowo, M.M., MDS., mengatakan dalam sambutannya yang di bacakan Kepala Departemen Aeronautika AAU Kolonel Tek Isa Hidayat, S.T., M.T., saat mengawali kuliah umum Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Udara ( Kadisdikau) Marsma TNI Medi Rachman, S.E. MBA. Avi.Mgt., MMOASc., MIR., Ph.D., kepada para Taruna AAU di RBKM AAU, Senin (19/8/2024).

" Kepada para Taruna AAU manfaatkan kesempatan ini untuk bertanya dan berdiskusi secara aktif dengan Pemateri", terangnya.

Sedangkan Kadisdikau dalam kuliah umumnya mengatakan,
pada dasarnya kecelakaan yang terjadi pada sarana transportasi bukanlah kejadian yang berdiri sendiri. Di balik setiap kecelakaan, terdapat runtutan kejadian yang berperan sebagai faktor penyebab. Setiap tahap dalam runtutan tersebut bisa berpotensi menimbulkan celah dalam keselamatan jika tidak dikelola dengan baik.

"Dengan adanya Safety Management System setiap potensi bahaya dapat diidentifikasi sejak dini.
Melalui langkah-langkah proaktif", tegasnya.

Dikatakan safety management system berfungsi untuk meminimalkan risiko dengan mengelola faktor-faktor yang bisa menyebabkan kecelakaan, seperti kesalahan manusia, kegagalan teknologi, atau lingkungan yang tidak mendukung.

Lebih lanjut dikatakan pada akhirnya, safety management system sangat penting untuk menciptakan budaya keselamatan di seluruh level organisasi, memastikan bahwa setiap aspek operasional berkontribusi pada pencegahan kecelakaan, demikian tegas Kadisdikau (Penaau-2024)

Berita Lainnya

KULIAH UMUM SAFETY MANAGEMENT SYSTEM : MENINGKATKAN KESADARAN DAN KESELAMATAN DI AKADEMI ANGKATAN UDARA