Berita

GUBERNUR AAU HADIRI SEMINAR NASIONAL KETAHANAN SOSIAL DAN BUDAYA

Isi Berita

Yogyakarta. (Pen-AAU). Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Dr. Ir. Purwoko Aji Prabowo, M.M., MDS., menghadiri Seminar Nasional dalam rangka Semarak Dirgantara yang dilaksanakan di Ball Room Kasultanan Hotel Royal Ambarukmo, Minggu (29/9/2024).

Pada kegiatan Seminar Nasional pada pagi hari ini mengangkat tema "Ketahanan Sosial Budaya Sebagai Modal Dasar Menuju Indonesia Emas 2045".

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwoni X dalam Keynote Speakernya mengutip dari Presiden Pertama Indonesia Ir. Soekarno menjelaskan bahwa budaya bukan hanya sekedar seni maupun hiburan, tetapi juga menjadi upaya pengayaan wawasan, sebagai bagian intergral dari perjuangan, dan menjadi elemen esensial, dalam proses “nation-building".

"Dari Yogyakarta, kita dapat memetik pelajaran dari Filosofi Hamemayu yang resonan dengan nilai-nilai Warisan Budaya Dunia Sumbu Filosofi, yang lahir dari pemikiran Pangeran Mangkubumi, dan telah ditetapkan oleh UNESCO pada 24 September 2023 silam", jelas Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Selanjutnya, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., pada Welcoming Speech yang dibacakan oleh Dankodiklatau Marsdya TNI Dr. Arif Mustofa, M.M., CGRE., menyampaikan bahwa ketahanan sosial budaya bukan hanya soal menjaga kebudayaan dalam wujudnya yang klasik, tetapi bagaimana nilai-nilai tersebut tetap relevan dan memberi manfaat bagi pembangunan nasional dan kemajuan bangsa.

"Melalu seminar ini kita berharap bisa menemukan langkah-langkah yang solutif dan inovatif yang mampu menjawab tantangan zaman tanpa kehilangan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia", ungkapnya.

Adapun sebagai Narasumber pada kegiatan Seminar pada pagi hari ini diantaranya Marsda TNI Sugiharto Prapto W., S.Sos., CGRP., CFIP, Staf Ahli Menhan Bidang Sosial, Dr. H. Abdul Kharis Almasyhari, M.Si., Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Dr. Andi Irmanputra Sidin, S.H., M.H., Ahli Hukum Tata Negara, Dr. Vita DD Soemarno, S.T., M.M., Tenaga Profesional Bidang Kepemimpinan Nasional Lemhannas RI dan sebagai Moderator Acara yakni TV Presenter & Public Speaker Ibu Martha Sasongko. (penaau-2024).

Berita Lainnya

GUBERNUR AAU HADIRI SEMINAR NASIONAL KETAHANAN SOSIAL DAN BUDAYA