Berita

GUBERNUR AAU BEKALI TARUNA KESIAPAN LATIHAN HANLAN

Isi Berita

Yogyakarta. Sebagai penanggung jawab utama latihan, Gubernur AAU, Marsekal Muda TNI Eko D. Indarto, S.I.P., M.Tr.(Han) benar-benar memberikan perhatian penuh terhadap keberhasilan latihan yang dilaksanakan anak didiknya (Taruna AAU). Terkait dengan hal dimaksud, selesai memimpin upacara pembukaan Latihan Bhuwana Paksa, bertempat di sisi barat Gedung Handrawira, Gubernur AAU memberi arahan kepada para Karbol (Taruna AAU) peserta latihan juga para pengasuh dan pelatih, Senin (10-10-2022).

Menurut Gubernur AAU, latihan adalah kelanjutan dari teori yang didapatkan di kelas. Oleh karenanya latihan Bhuwana Paksa ini merupakan aplikasi lapangan dari materi Pertahanan Pangkalan (Hanlan) yang telah diperoleh para Taruna selama pembelajaran di kelas. Latihan ini merupakan bagian dari operasi Hanud Aktif yaitu Hanud Titik dalam rangkaian Sistem Pertahanan Udara Nasional dengan tujuan memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman sekaligus pengenalan kepada para Taruna Tingkat III tentang manajemen operasional Hanlan, termasuk teknik dan taktik pertahanan di darat, baik yang bersifat horizontal maupun vertikal dalam mengamankan obyek-obyek vital yang ada di Pangkalan Udara.

Output dari latihan ini diharapkan masing-masing Taruna mampu menerangkan tentang Operasi tersebut dan mampu mengimplementasikan dalam pelaksanaan tugas-tugas nantinya sebagai Perwira TNI Angkatan Udara yang profesional dan tangguh menghadapi dinamika medan tugasnya. Para Taruna juga diharapkan mampu meningkatkan komunikasi antar kelompok selama latihan dan mampu membangun kerjasama tim. Agar materi latihan yang diberikan benar-benar dikuasai para Taruna, maka setiap hari harus dilakukan review terhadap pemahaman latihan.

Di akhir arahannya Gubernur AAU menekankan pentingnya faktor keamanan dan keselamatan bagi seluruh peserta latihan. “Faktor keamanan mutlak harus ada di Kolat dan latihan harus tetap memperhatikan kepengasuhan. Untuk itu, para pelatih dan pengasuh agar selalu memperhatikan safety selama pelaksanaan latihan berlangsung.” Pungkas Gubernur AAU.(penaau-2022)

 

 

 

 

Berita Lainnya

GUBERNUR AAU BEKALI TARUNA KESIAPAN LATIHAN HANLAN